Angkasa Pura 2

Pembatasan Kendaraan di Ruas Tol Jakarta-Cikampek Dilakukan Selama Pembangunan Proyek Infrastruktur Strategis Nasional

Aksi Polisi Koridor OtomotifKamis, 8 Maret 2018
IMG-20180308-WA0018

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mulai 12 Maret 2018 resmi akan diberlakukan paket kebijakan untuk mengatasi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Kebijakan itu dilakukab guna menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran arus lalu lintas  di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek selama masa pembangunan proyek infrastruktur strategis nasional.

Melalui Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 18 Tahun 2018 tentang pengaturan lalu lintas selama masa pembangunan proyek infrastruktur strategis nasional di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek meliputi:

1. Pengaturan kendaraan pribadi melalui skema ganjil genap pada akses Gerbang Tol Prioritas Bekasi Timur dan Bekasi Barat arah Jakarta pukul 06.00-09.00 WIB pada hari Senin-Jum’at (kecuali hari libur nasional).

2. Pengaturan jam operasional angkutan barang pada pukul 06.00-09.00 WIB untuk Golongan 3, 4 dan 5 (2 arah) pada hari Senin-Jum’at (kecuali hari libur nasional).

Sedangkan pengaturan untuk Prioritas Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) Bekasi Timur Arah Jakarta dan Bus Transjabodetabek Premium pukul 06.00-09 WIB pada hari Senin-Jum’at (kecuali hari libur nasional) diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 99 Tahun 2017.

“Tiga kebijakan ini merupakan satu paket, jadi tidak hanya kendaraan pribadi namun kendaraan angkutan barang juga diatur,” kata  Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Menurut Bambang kebijakan-kebijakan tersebut telah melalui kajian dan uji coba serta merupakan langkah yang paling tepat dan cepat untuk mengurangi kepadatan ruas tol Jakarta-Cikampek yang semakin parah.

DXveT-7UMAA5fCj

Sinergi Berbagai Instansi

Paket kebijakan tersebut merupakan sinergi antar instansi, yakni Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek  (BPTJ), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Untuk memastikan kelancaran paket kebijakan ini, pengguna jalan tol diharapkan dapat berpartisipasi untuk
mensukseskan kebijakan tersebut.

Khusus untuk pengguna kendaraan pribadi telah disiapkan kantung￾kantung parkir di Mega City Bekasi Barat dan Grand Dhika Bekasi Timur dengan tarif flat Rp10 ribu, dan tarif bus Transjabodetabek Premium sebesar Rp 20 ribu untuk sekali perjalanan.

 “Pemerintah berharap masyarakat beralih ke Transjabodetabek daripada menggunakan kendaraan pribadi dalam kondisi yang menimbulkan cost tinggi,” kata Bambang.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari