Angkasa Pura 2

Kapal Pendukung Tol Laut Diresmikan Presiden Joko Widodo

DermagaFriday, 9 March 2018

IMG-20180309-WA0043

GRESIK (BeritaTrans.com) – Kapal pendukung tol laut diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kawasan JIIPE Gresik, Provinsi Jawa Timur, Jumat (9/3/2018) petang.

Dengan diresmikannya kapal pendukung tol laut ini, maka 11 unit kapal dengan berbagai spesifikasi dan peruntukan, dapat segera dioperasikan guna melayani masyarakat dan mendukung konektifitas antarwilayah di Indonesia.

Dari total 11 unit kapal, Presiden Joko Widodo secara simbolis menandatangani enam prasasti/plat kapal yang mewakili tipe masing-masing kapal dan dilanjutkan dengan peninjauan kapal-kapal tersebut di dermaga Pelabuhan Berlian Manyar Sejahtera Gresik.

“Kesebelas kapal yang diresmikan terdiri dari satu unit Kapal Perintis GT 2.000, lima unit Kapal Perintis GT 1200, dua unit Kapal Kontainer 100 Teus, satu unit Kapal Ternak, satu Kapal Kelas I Kenavigasian, dan satu Kapal Latih yang ditempatkan di Politeknik Pelayaran Surabaya,” jelas Direktur Angkutan Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala) Dwi Budi Sutrisno.

IMG-20180309-WA0044

Dalam peninjauannya, Presiden melihat kapal ternak dan kapal latih Poltekpel Surabaya didampingi Ibu Negara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan para pejabat lainnya.

Menurut Dwi, dengan dibangunnya sarana dan prasarana transportasi laut di seluruh penjuru tanah air Indonesia diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah dan meningkatkan pemerataan pembangunan nasional yang berdampak pada tingkat perekonomian masyarakat baik di wilayah barat maupun wilayah timur Indonesia. (omy)