Angkasa Pura 2

Hindari Kepadatan, Kemhub dan MenPANRB akan Koordinasi Bahas Waktu Libur Lebaran Pegawai

Bandara Emplasemen Kokpit KoridorMinggu, 11 Maret 2018
menteri-perhubungan-menhub-budi-karya-sumadi-1_20170318_193532

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya menyampaikan pihaknya akan berkoordinasi dengan stakeholders terutama Kementerian PANRB terkait libur sekolah dan libur untuk pegawai di Indonesia. Dengan begitu, mereka bisa mengatur perjalanan mudik dan tidak menumpuk di satu waktu tertentu.

“Lebaran 2018 jatuh pada tanggal 14-15 Juni dan kita ingin mengatur pelaksanaan libur pada masa Lebaran. Kita akan kirim surat kepada pihak terkait supaya liburan anak-anak sekolah lebih awal, agar satu minggu sebelumnya anak-anak sudah pulang kampung jadi mengurangi 50% kepadatan pada saat mudik Lebaran,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, kemarin.

Untuk pegawai sendiri libur kerjanya dimulai 3 hari menjelang Lebaran. “Kan hari H Lebaran hari Jumat-Sabtu, jadi kita (pegawai) mulai libur hari Rabu (13/6/2018). Jadi ada manajemen waktu kita perpanjang waktunya,” jelas Menhub.

Jika jadwal libur oegawai dan anak sekolah bisa diatur secara lebih baik, maka jadwal perjalanan mudik menjelang Lebaran 2018 bisa menyesuaikan. Bagi mereka yang sudah libur, bisa pulang lebih dulu, demikian juga yang pegawai atau karyawan swasta bisa menyesuaikan.

“Artinya, puncak arus mudik tak menumouk di satu waku sehingga bisa memicu masalah sosial mulai kemacetan, krisis BBM, dan lainnya,” kilah Menhub.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi menegaskan, pada mudik Lebaran tahun 2018 akan bersamaan dengan selesainya pembangunan Tol Transjawa. Saat itu, mulai Jakarta sampai Surabaya akan terhubungkan jalana tol.

Dengan begitu, tambah Menhub Budi Karya, pihaknya cukup otimis perjalanan ars mudik Lebaran 2018 akan lebih bak dan lancar.(nda/hel)