Angkasa Pura 2

Ingat, Besok Hanya Kendaraan Pribadi Bernomor Genap Yang Boleh Melintas di Tol Japek

Koridor OtomotifMinggu, 11 Maret 2018
IMG-20180308-WA0020

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemerintah melalui Badan Pengelola Trandportasi Jabidetabek (BPTJ)  akan memberlalukan 3 paket kebijakan untuk mengurangi kemacetan khususnya di ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek).  Kemacetan parah yang terjadi ruas tol itu sudah demikian parah, di ruas tertentu ratio kepadatan (vicy ratio) mencapai angka 2.

“Besok tanggal 12 Maret 2018 akan diberlakukan kebijakan ganjil-genap di ruas tol Jakarta-Cikampek, khususnya dari pintu tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat ke arah Cawang dan sebaliknya. Artinya, besok hanya kendaraan pribadi bernomor genap yang diizinkan melintas,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Jakarta, kemarin.

“Kepadatan lalin di ruas tol Jakarta-Cikampek telah mengakibatkan kecepatan rata-rata di tol Jakarta-Cikampek saat ini hanya berkisar 32 km/jam. Sedang waktu tempuh rata-rata 116 menit. Kondisi ini jauh dari batas kecepatan standar minimal jalan tol yaitu 60 km/jam,” kata dia lagi.

Jika hal ini dibiarkan, lanjut dia, dapat dipastikan kecepatan rata-rata akan semakin menurun dan begitu pula waktu tempuh rata-rata pun akan semakin meningkat. Bahkan di segmen tertentu seperti Bekasi- Jakarta akan lebih sering dijumpai kondisi macet parah yang hampir tak bergerak.

“Beranjak dari kondisi tersebut maka Pemerintah melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan mengambil langkah-langkah kebijakan yang berlaku mulai 12 Maret 2018,” papar pria yang akrab disapa  Bambang Pri itu.

Ini 3 Paket Kebijakan

Dikatakan Bambang Pri, adapun 3 paket kebijakan segera diberlakukan di ruas tol Jakarta-Cikampek adalah sebagai berikut :

Pengaturan Jam Operasional Angkutan Barang Golongan III, IV dan V.

Mulai 12 Maret 2018 setiap Senin s/d Jum’at pukul 06.00 s/d 09.00 WIB semua kendaraan angkutan barang golongan III. IV dan V (kecuali angkutan BBM dan Gas) tidak boleh beroperasi di ruas jalan tol Jakarta – Cikampek.

Kebijakan tersebut berlaku 2 arah baik dari Jakarta menuju Cikampek ataupun sebaliknya dari Cikampek ke Jakarta. Kebijakan ini tidak berlaku pada hari libur nasional.

Distribusi lalu lintas dengan skema ganjil-genap untuk kendaraan pribadi pada pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta.

Mulai 12 Maret 2018 setiap Senin s/d Jum’at pukul 06.00 s/d 09.00 WIB kendaraan pribadi berplat nomor ganjil hanya dapat masuk akses pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur  arah Jakarta pada tanggal ganjil.

Demikian pula sebalikya kendaraan pribadi berplat nomor genap hanya dapat masuk akses pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur  arah Jakarta pada tanggal genap. Kebijakan ini tidak berlaku hari libur nasional dan kepada masyarakat yang terdampak kebijakan ini dapat memilih alternatif masuk pada pintu tol lain atau berpindah ke angkutan umum.

Terkait implementasi kebijakan ini BPTJ bekerjasama dengan berbagai stakeholder telah menyiapkan Bus Transjabodetabek Premium sebagai sarana bagi masyarakat pengguna kendaraan pribadi yang ingin beralih ke angkutan umum.

Pemberlakuan Lajur Khusus Bus di Jalan Tol Jakarta – Cikampek ruas Bekasi Timur – Jakarta.

Telah disiapkan lajur khusus untuk angkutan bus di Jalan Tol Jakarta –Cikampek ruas Bekasi Timur – Jakarta yang juga berlaku mulai 12 Maret 2018 setiap Senin  sampai Jum’at pukul 06.00 sampai 09.00 WIB.

Lajur ini tidak hanya diperuntukkan bagi Bus Transjabodetabek Premium namun juga untuk semua angkutan bus termasuk bus karyawan.(helmi)