Angkasa Pura 2

Pekan Depan, Kemhub Kumpulkan Stakehoder Bahasa Persiapan Angleb 2018

Bandara Dermaga Emplasemen Kokpit KoridorMinggu, 11 Maret 2018
Menhub Budi Karya

JAKARTA (BertaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) bersama seluruh pemangu kepentingan (stakeholder) pekan depan mulai membahas persiapan Angkutan Lebaran (Angleb) 2018. Pemerintahan Jokowi-JK bertekad, Angkutan Lebaran tahun harus lebih baik, lancar dan kasus kecelakaan bisa ditekan semaksimal mungkin.

“Minggu depan kita akan mengundang stakeholders untuk koordinasi terkait Angkutan Lebaran. Dirjen Perhubungan Darat juga sudah melakukan persiapan-persiapan. Tiga moda yang menjadi perhatian yaitu Darat, Kereta Api dan Udara,” jelas Menhub Budi Karya melalui siaran pers kemarin.

Terkait ragam masaah yang nakal dihadapi selama masa mudik Lebaran nanti, masih akan didominasi moda angkutan darat. “Sedikit kompleks dari moda darat karena masyarakat ingin pulang kampung dengan kendaraannya sendiri. Kendaraan yang biasa mereka bawa itu mobil dan
motor,” lanjut Menhub.

Untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan motor, Kemenhub akan memberikan mudik gratis dengan moda bus, kereta api dan kapal.

“Saya ingatkan agar saudara-saudara jangan mudik menggunakan sepeda motor. Itu bahaya. Oleh karenanya kita akan buat mudik gratis dengan bus, kereta api
dan kapal. Kita akan gunakan 10 kapal untuk mudik gratis,” ujar Menhub.

Melalui moda udara, Menhub mengatakan lebih banyak mengatur jam operasi. “Jika jam operasinya lebih lama dan kita menetapkan tarif tertentu (batas atas) biasanya perjalanan mudik akan berjalan dengan baik,” tukas Menhub.