Angkasa Pura 2

BUP yang Tak Berubah Jadi Pelabuhan Komersil dalam 3 Tahun, Izinnya Gugur

DermagaRabu, 14 Maret 2018
IMG-20180314-WA0015

IMG-20180314-WA0013

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yang tidak berubah menjadi pelabuhan komersil dalam tiga tahun, maka perizinannya gugur.

Hal itu disampaikan Kepala KSOP Banten Abdul Aziz yang mewakili Dirjen Perhubungan Laut R Agus H Purnomo sebagai Keynote Speaker dalam Asosiasi Badan Usaha Pelabhhan Indonesia (Abupi) di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

“Untuk itu lebih baik diputuskan saja apakah akan menjadi pelabuhan komersil atau hanya TUKS murni,” jelas Aziz.

Dengan begitu tidak perlu mendaftar sebagai pelabuhan komersil dan menunggu proses penyelesaian perizinannya, karena pelabuhan umum tidak memerlukan BUP.

Selama menunggu perizinan, maka TUKS tetap bisa beroperasi dengan adanya dispensasi hingga izin keluar.

“Khusus di KSOP Banten misalnya, saat ini ada 58 TUKS dan enam BUP,” tuturnya.

Ketua Abupi Aulia Febri Alfatwa menyebutkan, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan di sektor kepelabuhanan yang bertujuan meningkatkan peran dan fungsi penyelengaraan pelabuhan yang produktif.

Yakni mulai dari konsesi, penyerahan pengelolaan pelabuhan kepada pihak swasta, dan evaluasi serta penertiban mengenai perizinan.

“Saat ini, ada sekitar 200 perusahaan yang telah mendapatkan izin sebagai BUP, namun hanya sekitar 40 persen yang telah menjalankan kegiatannya. Hal ini terkendala karena nilai investasi yang cukup tinggi untuk membangun dan mengembangkan pelabuhan juga lamanya prosea perizinan,” kata Aulia.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini, evaluasi izin usaha untuk BUP dan penertiban perizinan untuk TUKS dan Tersus, perusahaan akan lebih siap dan adanya transparansi pelaksanaannya, ” pungkasnya. (omy)