Angkasa Pura 2

Dirjen Hubdat segera Bertemu Kepala Daerah yang Akan Dilintasi Arus Mudik Lebaran 2018

KoridorRabu, 14 Maret 2018
IMG-20180314-WA0015

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat (Hundat) akan segera menggelar pertemuan dan koordinasi dengan sejumlah daerah yang akan dilalui arus mudik Lebaran 2018.

“Pertemuan akan dilakukan di Brebes Jawa Tengah dengan sejumlah kepala daerah dan Dinas Perhubungan untuk membahas  bahas persiapan dan antisiasi terkait arus mudik Lebaran 2018,” kata Dirjen Hubdat Budi Setiyadi di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Waktunya,  lanjut dia,  sekitar dua minggu dari sekarang. Sambil berjalan kita  siapkan segala  kebutuhan  di lapangan termasuk dengan Pemda.

Menurut Dirjen, semua daerah yang akan dilalui arus mudik Lebaran  seperti Tegal, Brebes, Pekalongan dan seterusnya harus mempersiaplan sejak dini.

“Apa yang harus dilakukab dan potensi masalah apa yang bakal dihadapi harus diinventarisir sejak sekarang,” jelas Dirjen Hubdat.

PKL dan Oleh-Oleh

Menurutnya, perlu  juga penataan  para pedagang kaki lima (PKL) atai oleh-oleh khas daerahnya agar tidak mengggelar dagangan  sembarangan dan bisa memicu kemacetan dan masalah sosial lain saat mudik.

“Bagaimana baiknya mereka harus diatur agar bisa tetap usaha namun juga tak ganggu lalu lintas mudik,” papar Budi Setiyadi.

Pemerintah harus bisa melayani masyarakat dengan baik. Termasuk memfasilitasi masyarakat dan pedagang agak bisa berusaha dan mendapatkan hasil dengan baik.

“Mereka harus diatur dan difasilitasi. Jangan main larang saja sehingga tak picu masalah sosial di masyarakat,” kilah Dirjen.

Yang pasti, Kemhub dan semua pihak termasuk Pemda harua berperan positif dalam sukseskan angkutan mudik Lebaran 2018. “Semua harus diatur dan dipersiapkan dengan sebaik dan  selengkap mungkin,” tandas Menhun.(helmi)