Angkasa Pura 2

Optimalkan Koordinasi, Menhub: Ujung Tombak Sektor Darat Adalah Dishub-Dishub

KoridorRabu, 14 Maret 2018
IMG-20180314-WA0005

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) ingin sinergikan seluruh komponen d masyarakat guna menyukseskan angkutan Lebaran 2018 mendatang. Kemhub, Kepolisian, dan masyarakat dengan Dishub-Dishub yang ada di daerah.

Untuk mencapai hal tersebut peran Kepala Dinas Perhubungan di seluruh Indonesia sangat diperlukan supaya dapat menekan angka kecelakaan. Untuk itu, Menhub berharap poin-poin yang menyangkut keselamatan harus terus dievaluasi.

“Ujung tombak Kemhub pada sektor darat ini adalah di Dishub-Dishub di daerah,” tutur Menub Budi Karya ,” ujar Menhub Budi Karya usai membuka Rakornis Perhubungan Darat di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Kini, Kemhub) terus mempersiakan berbagai hal dalam menghadapi masa mudik Lebaran atau Idul Fitri 2018, khususnya untuk perjalanan darat. Untuk itu, dipersiapkan rapat koordinasi dengan kepala dinas Provinisi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Menhub menambahkan, koordinasi dan sinergi antarinstansi menjadi sangat penting dalam mengoptimalkan kebijakan yang ada sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang optimal.

Meski setiap tahunnya terus melakukan antisipasi yang sama, dia berharap tahun ini hasilnya lebih baik dari yang sebelumnya. Hal ini sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo agar masyarakat mendapat pelayanan yang terbaik.

“Sesuai dengan apa yang diminta oleh Pak Presiden Jokowi agar kita tidak bekerja seperti tahun lalu tapi kita bekerja di tahun ini dengan cara yang lebih baik, dengan cara yang berinovasi,” kata dia didampingi Dirjen Hubdat Budi Setiyadi dan staf lainnya itu.

Diakui, masyarakat mudik tidak hanya menggunakan jalur darat tapi juga laut dan udara. Namun, jalur darat merupakan arus mudik terpadat karena menjadi jalur favorit bagi masyarakat.

“Oleh karenanya mulai minggu depan Dirjen Darat dan Korlantas akan merapat menyiapkan crosscheck apa saja persiapan jalanan mudik itu seperti apa,” ucapnya.

Kendati demikian, Menhub Budi Karya menaku sudah menyiapkan prasarana dengan baik sehingga pelaksanaan mudik tahun ini akan jauh lebih baik dari tahun lalu.

“Kami dengan kepolisian dan Pemda-Pemda merencanakan dengan baik supaya kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan bisa memberikan kepuasan bagi masyarakat,” tandas Menhub.(helmi)