Angkasa Pura 2

Pemkab Belitung Nantikan Angkutan Umum Yang Lebih Baik

Destinasi KoridorRabu, 14 Maret 2018
images

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemklab Belitung Timur, Bangka Balitung sepakat dengan  rencana revitalisasi angkutan umum  yang akan dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemhub). Masyarakat Belitung sangat menantikan angkutan umum yang lebih baik, selamat dan terjangkau harganya.

“Kita sepakat dan mau jika nanti akan ada penambahan bus bantuan dan trayek angkutan umum di Belitung. Dengan catatan, trayek tersebut harus ada yang ke Belitung Timur,”  kata Kadishub Balitung Timur Amarudin dalam perbincangan dengan BeritaTrans.com di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Sebelumnya, Pemkab Belitung sudah menerima bus bantuan dari Kemhub dan kini sudah dioperasikan untuk melayani masyarakat. Namun sejalan dengan perkembangan ekonomi dan sosial setempat, daerah Belitung membutuhkabmn tranaportasi umum yang lebib baik lagi.

Daerah Belitung termasuk Belitung Timur kini masuk  daerah yang tengah berkembang. Angkutan umum di daerah ini juga masih minim. Jadi pas  banget jika ada penambahan trayek angkutan umum di Negeri Laskar Pelangi itu.

 ”Sayang bagus dan kita dukung jika nanti daerah kami masuk program revitalisasi angkutan umum Kemhub. Kalau semua harus mengandalkan APBD Belitung akan sangat berat,” jelas Amarudin.

Dia menambahkan banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan di Belitung. Mulai pertanian dan perkebunan, perikanan dan pariwisata semua ada dan bisa digarap di Belitung.

“Penambahan trayek angkutan umum di Belitung akan sangat bagus bagi pengembangan ekonomi  dan sosial di Belitung,” papar Amarudin.

images-4

Wisata Menjanjikan

Dari sisi pariwisata, menurut pakar transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Detijowarno, banyak yang bisa digarap dan kini tengah berkembang di Belitung. “Mulai wisata alam, bahari, sejarah sampai budaya khas Belitung semua ada,” jelas pria kelahiran pulau Bangka itu.

Jika nanti dibangun transportasi umum yang lebih baik dan terintegrasi di Belitung, menurut Djoko, akan sangat bagus bagi pengembangan ekonomi masyarakat Belitung.

Trayek angkutan umum di Belitung nanti hendaknya menghubungkan daearah-daerah vital seperti pelabuhan, bandara, pusat niaga dan pemerintahan serta objek wisata di Belitung.

images-5

“Mulai pantai Manggar, Menara Suara Lengkuas, pusat niaga Belitung serta panorama  alam dan perkebunan  serta beragam resort di Belitung semua layak  dan harus dikembangkan,” papar Djoko.

Data yang lebih menggembirakan, tambah Djoko penerbangan ke Belitung sebanyak tujuh kali sehari dengan tingkat isian penumpang cukup tinggi.

“Pada akhir pekan kita sukit mencari tiket ke Belitung. Artinya potensi ekonomi dan wisata Belitung cukup bagus,” tegas Djoko.(helmi)