Angkasa Pura 2

Persiapan Mudik Lebaran, Menhub: Primadonanya Tetap Jalan Darat

KoridorRabu, 14 Maret 2018
IMG-20180314-WA0005

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya meminta jajaran  insan transportasi di  pusat dan daerah  segera berloordinasi dan mempersiapkan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2018 dengan lebih baik.

“Kita bersama Polri, Kementerian PUPR dan  Dishub di daerah harus makin erat dan meningkatkan koordinasi menjelang mudik Lebaran nanti,” kata Menhub Budi Karya Sumadi usai membuka Rakornis Bisang Perhubungan Darat di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Mudik Lebaran tahun 2018 harus lebih baik, aman dan selamat dibandingkan  event serupa tahun lalu. Jumlah kasus kecekakaan dan korban jiwa selama mudik Lebaran harus turun. Oleh karenanya, harus dipersiapkan sejak dini.

Dikatakan, mudik Lebaran memang melibatkan berbagai moda transpotasi seperti darat, laut, udara serta kereta api dan penyeberangan.

“Tapi untuk mudik Lebaran primadonanya tetap jalan darat. Moda transportasi darat masih akan tetap dominan dan harus diantisipasi dengan baik,” papar Menhub didampingi Dirjen Hubdat Budi Setiyadi itu.

Namun Menhub mengakui, mudik Lebaran 2018 diyakini akan lebih baik. Pasalnya akan bersamaan dengan selesainya pembangunan tol TransJawa.

“Nanti pemudik dengan moda darat bisa meluntas di jalan tol, bahkan dari Jakarta sampai Surabaya. Yang menjadi masalah ke depan, bagaimana meningkatkan keselamatan saat arus mudik nanti,” pesan Menhub lagi.

Oleh karena itu,  tambah dia, melalui Rakornis Bidang Perhubungan  Darat 2018 hendaknya bisa dilakukan dengan sebaik mungkin.

“Bagaimana menginventaris masalah, melalukan koordinasi serta persiapan penyelenggaraan mudik Lebaran dengan lebih baik,” tandas Menhub.(helmi)