Angkasa Pura 2

Prediksi BMKG, Ini Daerah di Indonesia Yang Berpotensi Hujan dan Gelombang Tinggi

Seorang warga membawa anaknya menggunakan perahu untuk melintasi banjir yang melanda kawasan Bojong Asih, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Jawa Barat, Selasa (8/3).

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Deputi Bidang Meteorologi – BMKG Drs. R. Mulyono R. Prabowo, M.Sc mengatakam, ada potensi hujan lebat juga diperkirakan dapat  terjadi di wilayah lain di Indonesia Jumat (16/3/2018) siang antara laib akan terjadi  di berbagai wilayah seperti Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

“Potensi serupa juga terjadi di Bali,  Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua dan Papua Barat,” kata Mulyono dalam siaran pers di yang diterima BeritaTrans.com, Jumat (16/3/2018).

Gelombang tinggi 2.5 hingga 4 meter terpantau di Laut Banda barat Kep. Kei, Perairan selatan Kep. Kei – Kep. Aru, Laut Arafuru. Sedangkan gelombang tinggi 4 hingga 6 meter terpantau di Laut Arafuru bagian selatan, Perairan selatan Kep. Tanimbar, dan Perairan Utara Darwin, Australia.

Dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, menurut Mulyono, BMKG mengeluarkan beberapa imbauan pada masyarakat, yaitu :

1. Masyarakat yang tinggal di daerah berpotensi banjir agar waspada kemungkinan terjadinya genangan.

2. Hujan lebat yang terjadi dapat disertai/ tidak disertai dengan kilat, petir, dan angin kencang berdurasi singkat. Masyarakat diharapkan agar tidak berteduh di bawah pohon besar pada saat menemui hujan yang disertai petir.

3. Masyarakat pengendara diharapkan waspada jika menemui hujan lebat yang turun tiba-tiba yang seringkali disertai dengan penurunan jarak pandang yang signifikan.

4. Pengendara motor dihimbau agar menepi jika menemui hujan lebat yang disertai angin kencang. Jas hujan dengan jenis ponco tidak dianjurkan karena dapat memerangkap angin dan menyebabkan motor tidak seimbang.

5. Kapal-kapal pencari ikan maupun transportasi untuk mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Maluku.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui: – call center 021-6546315/18; – http://www.bmkg.go.id; – follow @infobmkg; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” tandas Mulyono.(helmi)