Angkasa Pura 2

Ini Aturan Mengangkut Barang dengan Sepeda Motor

Koridor OtomotifSabtu, 17 Maret 2018
DYdiASlU8AAGojc

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pengguna sepeda motor acapkali masih mengabaikan aspek keselamatan. Tidak memakai alat keselamatan seperti helm atau membawa muatan melebihi kapasitas.

“Sering kita jumpai pengendara motor mengangkut barang bawaan hingga bertumpuk-tumpuk dan hampir tak ada ruang untuk kendali tangan dan kaki,” sebut akun @kemenhub151 di Jakarta.

Acapkali, satu sepeda motor  dinaikan tiga orang, bahkan tidak mengenakan helm keselamatan. Pelanggaran itu bukan hanya terjadi di desa, di jalanan jota Jakarta  masih sering terjadi pelanggaran tersebut.

Tidak sedikit anak-anak ABG memakai seragam  SMP-SMA/K melakukan pelanggaran muatan  Bahkan mereka  memacu kendaraan melebihi ketentuan UU.

Ketentuan Batas Muatan

Yang perlu dipahami bersama,   saran akun tersebut “pengguna Moda pahami bahwa demi keselamatan berkendara motor paling ideal adalah dengan tidak membawa beban yang membebani pengendaranya.”

“Lebar barang muatan tidak boleh melebihi stang kemudi, tingginya harus kurang dari 900 mm dari atas tempat duduk dan muatan tersebut harus ditempatkan di belakang pengemudi.”

Hal itu telah diatur dalam Pasal 10 Ayat 4 pada PP No 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan. Mari selalu tertib dan utamakan keselamatan.(helmi

loading...