Angkasa Pura 2

Serunya Berbagi Edukasi Keselamatan Pelayaran pada Taruna Hang Tuah

Dermaga SDMSabtu, 17 Maret 2018
IMG-20180317-WA0011

IMG-20180317-WA0012

SURABAYA (BeritaTrans.com) -Pentingnya pemahaman keselamatan pelayaran bagi pelaut, Syahbandar Utama Tanjung Perak berbagi edukasi budaya keselamatan pelayaran pada taruna Nautika Universitas Hang Tuah Surabaya, Jawa Timur.

Kepala kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Amiruddin mengaku sangat senang dengan kunjungan yang dilakukan taruna sekolah pelayaran Hang Tuah Surabaya dan seru lantaran kunjungan itu bermanfaat dan bagus.

“Ini karena dapat menumbuhkan budaya keselamatan pelayaran yang menjadi tanggung jawab bersama baik dari masyarakat khususnya akademisi pelayaran dan syahbandar selaku regulator di pelabuhan,” jelas Amirudin di Surabaya, Sabtu (17/3/2018).

Dia mengajak untuk bersama-sama meningkatkan budaya keselamatan pelayaran sejak dini, apalagi bagi 98 taruna tingkat awal seperti mereka.

Diharapkan para taruna bisa menjadi pelaut yang andal dan membawa citra baik buat Indonesia di dunia maritim International. Untuk itu, dia juga menugaskan jajarannya untuk memberikan materi pemahaman tentang keselamatan berlayar.

“Kami menerima mereka di dalam sebuah kelas sembari memberi semacam kuliah singkat,” ungkapnya.

Selanjutnya pemberian materi pemahaman tentang keselamatan pelayaran dilakukan Kepala Seksi Bidang Keselamatan Berlayar, Agus Monang yang memberi garis besar dan penjabaran tugas, organisasi, dan fungsi Syahbandar, pengawakan, serta perlindungan kerja kepelautan dan standar peralatan keselamatan kapal.

“Secara umum, sudah ada gambaran mengenai profesi pelaut Dan proteksi, mengerti perbedaan antara BKI dan Syahbandar (regulator),” Kata Monang.

Antusiasme para taruna Hang Tuang sangat tinggi dan terlihat semangat bahagia bisa ketemu pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Syahbandar Tanjung Perak.

“Lebih-lebih dengan pegawai yang alumnus dari Hang Tuah, sehingga mereka makin merasa percaya diri mengenyam pendidikan pelayaran,” ucapnya.

Monang berharap pertemuan yang digelar Kamis (115/3/2018) itu dapat banyak memberikan inspirasi pentingnya mengutamakan keselamatan dalam pelayaran. (omy)