Angkasa Pura 2

412 Orang Penguji Kendaraan Bermotor Seluruh Indonesia Berkumpul di Yogyakarta

Koridor SDMSenin, 19 Maret 2018
IMG-20180319-WA0035

IMG-20180319-WA0034

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar Pertemuan Penguji Kendaraan Bermotor Seluruh Indonesia Tahun 2018 di Yogyakarta (19/03/2018).

Kegiatan yang bertema “Dengan kompetensi penguji kendaraan bermotor kita tingkatkan profesionalisme penguji dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi” ini dihadiri oleh 412 orang Penguji Kendaraan Bermotor dari seluruh Indonesia.

Direktur Sarana Perhubungan Darat Eddy Gunawan dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pembinaan yang diberikan oleh pemerintah kepada para penguji kendaraan bermotor di seluruh Indonesia.”

Eddy melanjutkan, “Diharapkan para penguji dari setiap daerah yang hadir, dapat mengetahui dan mengikuti perkembangan informasi terkini dalam hal penyelenggaraan pengujian berkala kendaraan bermotor.”

“Setiap kali ada kecelakaan, media dan masyarakat selalu menunjuk pada Kementerian Perhubungan, padahal frontliner pengujian kendaraan bermotor ada pada rekan-rekan penguji di daerah Kabupaten/ Kota,” jelas dia.

 Sesuai UU 23 Tahun 2014,  kewenangan pengujian berkala kendaraan bermotor ada di pemerintah kabupaten/ kota. “Saat ini, komitmen dari pemerintah daerah Kabupaten/ Kota dalam menghadirkan pengujian berkala yang baik sesuai dengan ketentuan untuk menjamin kendaraan yang berkeselamatan, masih dipertanyakan,”  papar dia.

Pasalnya,  sebagian daerah masih menganggap bahwa pengujian berkala diselenggarakan hanya berorientasi untuk mendapatkan retribusi PAD (Pendapatan Asli Daerah) dengan mengesampingkan esensi dari pengujian berkala itu sendiri.

“Akibat,  hilanglah kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pengujian berkala kendaraan bermotor,” tandas Edy Gunawan.(helmi)

loading...