Angkasa Pura 2

Antisipasi Macet di Jalan Tol Jakarta – Bekasi Telat

KoridorSenin, 19 Maret 2018
Bekasi_macet

JAKARTA (beritatrans.com) – Kemacetan di ruas jalan Tol Bekasi – Jakarta sebenarnya telat diantisipasi. Dibiarkan macet baru kemudian diambil langkah seperti menerapkan sistem ganjil dan genap.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta Iskandar Abubakar kepada beritatrans.com di Jakarta, Senin (19/3/2018).
Iskandar mengatakan yang diperlu dilakukan untuk mengatasi kemaceta di jalan tol sebenarnya per memperluas jaringan jalan tol, bukan membuat jalan tol di atas jalan tol, melainkan membuat jalan tol paralel.

Menurutnya, permasalahan kemacetan di ruas tol Jakarta – Bekasi menjadi tambah berat karena pengurangan lebar jalan tol selama pembangunan jalan laying tol di atas jalan tol eksisting.

Sedangkan kebijakan ganjil dan genap juga dinilai Iskandar hanya cocok diterapkan untuk jangka pendek. “Bila diberlakukan dalam jangka panjang, pengguna jalan tol akan membeli mobil kedua,” kata Iskandar.

Iskandar berpendapat akan lebih baik bila pemerintah menerapkan kebijkakan tarip seperti dengan mengenakan tarip masuk tol yang tinggi. Sehingga pengguna kendaraan pribadi akan berpikir ulang sebelum masuk tol.

“Masyarakat yang ingin murah harus menggunakan angkutan umum. Meskipun demikian, kebijakan tarip itu harus mengubah regulasi atau undang-undang jalan terlebih dahulu,” tuturnya. (aliy)

loading...