Angkasa Pura 2

Pemanfaatan VTS untuk Keselamatan Pelayaran Dioptimalkan

DermagaSenin, 19 Maret 2018
IMG-20180319-WA0079

IMG-20180319-WA0105

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemanfaatan Vessel Traffic Service (VTS) dalam pemberian layanan informasi Dioptimalkan guna mendukung keselamatan pelayaran.

VTS menurut Direktur Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Sugeng Wibowo, memainkan peranan penting yang sangat signifikan dalam meningkatkan keselamatan pelayaran dengan menyediakan pemantauan aktif dan rekomendasi navigasi pelayaran untuk kapal, terutama pada rute perairan yang padat.

“VTS membantu pelayaran dalam pencegahan terjadinya tabrakan kapal dan membantu saat kapal grounding atau approach ke pelabuhan. VTS juga membantu dalam memperlancar gerakan kapal dan meningkatkan kemampuan operasi kapal di semua cuaca,” jelas Sugeng usai acara penandatanganan Kesepakatan Bersama Pemanfaatan Pengoperasian Stasiun Vessel Traffic Services (VTS) dengan PT. Pelindo IV di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo dan PT. Pelabuhan Indonesia IV oleh Direktur Utama PT. Pelindo IV, Doso Agung merupakan perwujudan layanan informasi yang optimal dari Stasiun VTS.

Sugeng menekankan, agar Stasiun VTS yang telah dimiliki dapat dioptimalisasikan pemanfaatannya oleh seluruh pemangku kepentingan dan stakeholder di masing-masing Pelabuhan guna meningkatkan keselamatan pelayaran.

IMG-20180319-WA0096

Seperti diketahui VTS memiliki peran memberikan informasi aktual yang sangat dibutuhkan oleh pengguna jasa pelayaran, antara lain memberikan informasi penyiaran berita meteorologi, kondisi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) di alur dan perairan sekitar pelabuhan, serta informasi terkait kondisi lalu lintas kapal dan informasi lain yang dibutuhkan pelayaran.

Dalam menjalankan fungsi layanan VTS, Ditjen Perhubungan Laut juga membuka kerja sama bersama pemangku kepentingan dan stakeholder di Pelabuhan-Pelabuhan di Seluruh Indonesia.

“Selanjutnya, kedepan diharapkan Kesepakatan Bersama ini dapat ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja sama dengan Distrik Navigasi setempat pada masing-masing lokasi Pelabuhan yang memiliki Stasiun VTS,” tutur Sugeng.

IMG-20180319-WA0083

Hingga saat ini Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan sendiri telah memiliki 21 Stasiun VTS yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu di daerah Belawan. Batam, Teluk Bayur, Palembang, Jakarta, Merak, Panjang, Semarang, Surabaya, Benoa, Lembar, Pontianak, Banjarmasin, Batu Licin, Samarinda, Balikpapan, Makassar, Bitung, Sorong, Dumai dan Bintuni. (omy)

Foto: Indi Astono/Humas Ditjen Hubla

loading...