Angkasa Pura 2

Tarif Transjabodetabek Premium Turun, PPD Siap Genjot Load Factor yang Tinggi

Koridor OtomotifSenin, 19 Maret 2018
IMG-20180319-WA0010

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen Perum PPD menjual harga tiker bus TransJakarta Premium dengan harga promosi, yaitu Rp10.000 dari semula Rp20.000 per orang. Tarif parkirnya di mall juga turun menjadi Rp5.000 per hari.

“Tarif baru ini berlaku efektif sejak pagi ini di seluruh bus Transjakarta Premium milik PPD baik di Mega Mall Bekasi atau Grand Dhika Bekasi Timur,” kata Dirut PPD Pande putu yasa menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Untuk awal awal ini, lanjut dia, Perum PPD bersama BPTJ dan juga pengelola mall di Bekasi komit menurunkan tarif baik untuk bus atau beaya parkir.

“Tarif parkir fleet Rp5.000 per hari, menyusul penurun tiket bus premium ini. Dengan syarat menunjukkan tiket bus Transjakarta Premium pada hari itu juga,” jelas Putu.

Dalam rangka mendukung program kerja Pemerintah, menurut Putu, PPD tak bisa berfikir untung atau rugi. Tarif normal untuk bus kelas premium dari Bekasi-Jakarta Rp20.000.

“Tapi, untuk promosi sekaligus menarik simpati masyarakat pindah ke angkutan umum, PPD dan juga operator bus lainnya siap menurunkan tarifnya,” aku putra Bali.

Namun begitu, penurunan tarif bus premium ini tak bisa langsung dituding sebagai kerugian. “PPD harus menaci sumber lain untuk menutup kerugian dari penjulan tarif ini. Ini tantangan bagi kami di Perum PPD,” kilah Putu.

Yang pasti, menurut dia load factor bus Transjabodetabek premium harus ditingkatkan. “Tarif boleh dijual Rp10.000 atau harga promosi. Tapi kalau load factornya tinggi sama dan bisa menutup biaya operasi,” terang Putu.

Dengan tarif promosi tersebut, tambah dia, jika load factor bus PPd mencapai 70% sudah tak masalah. “Kalau bisa kita bisa mencapai tingkat isian penumpang 70% sudah untung,” sebut dia.

“Tantangan bagi manajemen dan awak PPD, bagaimana melayani dengan baik dan target load factor semakin tinggi,” tegas Putu.(helmi)