Angkasa Pura 2

Korban Pesawat Latih Ganesha, Kol MJ Hanafi Adalah Mantan Pilot Pesawat Tempur Sukhoi

Hankam Kokpit SDMSelasa, 20 Maret 2018
IMG-20180320-WA0019

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pilot yang
menjadi korban  dalam kecelakaan pesawat latih Ganesha di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, Selasa (20/3/2018)  mantan penerbang pesawat termpur TNI AU.

Dia adalah Kol Pnb MJ. Hanafi. Almarhum berasal dari IDP 6, Sekbang 42, J-375 dan sampai kini masih dinas aktif di jajaran TNI AU.

Kol Pnb Hanafi adalah juga mantan pilot F5, F16 dan Sukhoi, pesawat termpur canggih milik TNI AU buatan Rusia.

Dia adalah salah satu putra terbaik TNI AU pernah menjabat sebagai Komandan Dan Lanud Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Kol Pnh. Hanafi juga pernah jadi LO di Butterwood Malaysia. Jabatan  terakhir saat ini di TNI AU adalah Perwira Bantuan (Paban) 2 Sismet Ditdok Kodiklatau.

Kesan Senior dan Kolega

Kepergian Kol. Png Hanafi yang mendadak meninggalkan kesan mendalam bagi mantan atasan, kolega serta corp TNI AU khususnya di para penerbang militer itu.

Marsdya (Purn) Eris Heryanto,  mantan Sekjen Kemhan RI dan juga menerbang F-16 mengaku sangat kehilangan dan duka cita sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum Kol. Hanafi.

“Dia gugur saat berlatih dan semoga diterima amal baktinya di sisi Tuhan,” doa Eris.

Rasa kehilangan juga disampaikan Ketua STPI Marsma Novyanto Widadi, MM, S.AP. “Kami sangat kehilangan atas kepergian almarhum Kol. Pnh Hanafi,” papar pria yang akrab disapa Capt. Novy itu.

Seorang pilot dan perwira menengah TNI AU Setiyawan Subagyo  mengatakan, “Bukan hanya TNI tapi bangsa Indonesia telah kehilangan salah satu  putra terbaiknya, yaitu Kol Pnb Hanafi,” katanya serius.(helmi)

Foto, istimewa