Angkasa Pura 2

Bandara Ahmad Yani Harus Dilengkapi Fasilitas Layanan Umum Yang Baik

Bandara KoridorKamis, 22 Maret 2018
IMG-20180322-WA0033

SEMARANG (BeritaTrans.com)  – Pembangunan Terminal Penumbang Bandara  Ahmad Yani Semarang harus dibangun sedemikian rupa dan mampu melayani kehutuhan masyarakat sebagai terminal dan bandara umum yang baik, dan modern.

Demikian pesan Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Perhubungan (Kemhub) Sugihardjo usai meninjau proyek Terminal Penumpang Baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Kamis (22/3/2018).

“Terminal ini nanti harus dilengkapi fasilitas umum yang cukup, seperti  ruang parkir, transportasi umum,  dan fasilitas  pendukung lainnya,” kata dia.

Bandara Ahmad Yani ke depan, papar dia,  juga harus memberikan ruang dan fasilitas yang cukup bagi angkutan umum. “Mereka bisa bus umum bahkan diintegrasikan dengan moda transportasi lain seperti kereta api (KA) atau kapal laut,” harap Jojo.

“Kalau bandara  ini hanya  mengandalkan mobil kecil apalagi kendaraan pribadi sebagai feeder, maka Bandara Ahmad Yani akan menjadi  sumber kemacetan yang baru,” jelas Jojo, sapaan akrab dia.

Sebelumnya dia menyebutkan, Terminal Bandara Ahmad Yani sekarang hanya menampung 800 ribu orang. Sedang bandara dan terminal penumpang yang baru nanti akan mampu menampung sampai 6 juta orang per tahun.

Jadi, bisa dibayangkan bagaimana kemacetan dan kepadatan  bandara terbesar di Jawa Tengah itu saat susah selesai dibangun sampai tahap lV nanti jika tak diantisipasi dari sekarang.

Oleh karenanya, tambah Jojo, fasilitas dàn kelengkapan serta fasilitas layanan umum di  Bandara Ahmad Yani harus dibangun dan disiapkan untuk jangka panjang.(helmi)

loading...