Angkasa Pura 2

Angkut 29 Kru, Kapal Bintang Sinar Rejeki Tenggelam di Perairan Demak, 2 ABK Hilang

Dermaga Kelautan & PerikananJumat, 23 Maret 2018
Tim SAR menyelamatan korban kapal tenggelam

DEMAK (BeritaTrans.com) – Kapal membawa 29 orang tenggelam setelah diterjang ombak di perairan kecamatan Wedung Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis, 22 Maret 2018. Dua nelayan dikabarkan hilang hingga saat ini.

Menurut Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin Muchlisin, kapal nahas tersebut adalah KM Bintang Sinar Rejeki.

Kapal motor tersebut membawa 29 anak buah kapal dengan rute Pekalongan-Banyuwangi dengan nahkoda bernama Kasdu (42 tahun). Kapal tersebut berangkat pada Rabu, 21 Maret 2018 sekitar pukul enam sore.

“Kapal nelayan itu awalnya mengalami trouble engine mati mesin di perairan Demak setelah dihantam ombak,” jelas Noer.

Saat diterjang ombak, kerusakan kapal tersebut berada di sisi lambung kiri sehingga air laut masuk ke dalam kapal. Setelah itu, kapal terombang-ambing di perairan dan tenggelam sekitar pukul 14.30 WIB.

Setelah dilaporkan tenggelam, 10 ABK kemudian diselamatkan dengan dua perahu yakni perahu Pailus dan dibawa ke TPI kabupaten Jepara. Sedangkan, 17 ABK dapat di evakuasi keadaan selamat oleh kapal Jasa Samudara di perairan Karimun Jawa.

“Saat ini masih ada dua ABK yang masih hilang. Masing-masing bernama Sutopo dan Bahrudin,” kata Noer.

Untuk mencari korban hilang, tim Basarnas Jateng telah memberangkatkan KN Sadewa dan Rigid Inflatable Boat. Saat ini ketinggian gelombang perairan Laut Jawa telah mencapai 2 meter. Sementara, cuaca Peraiaran Jepara saat ini tertutup awan mendung. (viva).