Angkasa Pura 2

Bandara Bintan Baru Siap Layani Pesawat Berbadan Lebar

BandaraJumat, 23 Maret 2018
IMG-20180323-WA0020

BINTAN (BeritaTrans.com) – Agresif dan cepat tanggap menjadi kuncian Ditjen Perhubungan Kementerian Perhubungan dalam mempercepat realisasi pembangunan bandara-bandara baru.

Salah satunya adalah keberadaan runway dan Bandar Udara Bintan Baru yang saat ini tengah dibangun, harus diperhitungkan secara cermat dalam operasinya kelak dan disosialisasikan ke dunia internasional sedini mungkin.

“Bandara ini nantinya dapat melayani hingga pesawat berbadan lebar karena didesain dengan panjang runway 3.500 meter,” jelas Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso di Bintan, Jumat (23/3/2018).

Selain untuk melayani penerbangan domestik dan internasional, bandara tersebut juga diproyeksikan untuk melayani penerbangan pesawat-pesawat yang akan dirawat. Hal itu lantaran di kawasan sekitar bandara juga akan dikembangkan aerospace park di mana akan ada banyak perusahaan Maintenance Repair and Overhaul (MRO) yang beroperasi.

Di kawasan ini nantinya akan ada tiga runway yang sejajar dari timur ke barat, yaitu runway Randara Raja Haji Fisabilillah, runway Bintan Baru dan runway Bandara Hang Nadim di Batam. Jarak antar runway itu hanya sekitar 25 km.

“Jadi harus ada koordinasi dengan bandara lain¬† jika ada pesawat yang take off di satu bandara. Untuk meningkatkan keselamatan penerbangan, sudah kami putuskan bahwa untuk pengelolaan navigasi penerbangannya¬† di tingkat APP akan dikelola AirNav cabang Tanjung Pinang. Namun AirNav cabang masing-masing bandara bisa mengelola navigasi secara independen di tingkat ADC yang lebih bawah,” urai Agus.

Terkait pengelolaan keselamatan dan operasi penerbangan, terutama masalah navigasi penerbangan, diputuskan bahwa pengelolaan ruang udara APP di atas bandara ini akan dikelola AirNav cabang Tanjung Pinang di Bandara Raja Haji Fisabilillah.

Namun demikian Bandara Bintan Baru akan mempunyai ADC secara independen, sama seperti Bandara Raja Haji Fisabilillah dan Bandara Hang Nadim di Batam yang letaknya berdekatan. (omy)