Angkasa Pura 2

Kepala BPTJ Sebut Terminal Poris Plawad Paling Siap untuk Pembangunan TOD

Emplasemen KoridorJumat, 23 Maret 2018
IMG20180323111637

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menyebutkan bahwa pemilihan Terminal Poris Plawad, Tangerang paling siap untuk pembangunan Transit Oriented Development (TOD).

“Tahun ini rencananya akan dibangun empat TOD yakni Poris Plawad (Tangerang), Baranangsiang (Bogor), Jatijajar (Depok), dan Pondok Cabe (Tangerang Selatan),” ujar Bambang Pri di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Dalam rencana pembangunan TOD Poris Plawad ini menurutnya, ada pihak swasta yang telah memprakasai dan siap mendukung penuh.

“Namun begitu tetap melalui prosedur lelang. Silahkan mendaftar sama dengan peminat lainnya, hanya saja nanti ada ketentuan khusus untuk swasta yang telah memprakasainya” tuturnya.

Pekan depan lelang akan dimulai dan diharapkan pada April 2018 akan segera mendapat pemenang dan menuju pembangunan.

Ditargetkan pembangunannya akan dapat diselesaikan dalam dua tahun secara bertahap. Nantinya akan didirikan tiga tower di area lokasi TOD Poris Plawad.

“Biaya pembangunannnya sekitar Rp1,7 triliun,” ungkap dia.

Setelah ground breaking, maka rencana TOD selanjutnya akan diuji publik untuk kota-kota lainnya dengan melibatkan para swasta.

Direktur Prasarana BPTJ Risal Wasal menambahkan, diharapkan empat pembangunan TOD itu nantinya akan menjadi role model dalam sistem pengelolaannya.

“Seperti KPBU (Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha), KSP (Kerja Sama Pengelolaan), dan KSPI (Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur),” kata Risal. (omy)