Angkasa Pura 2

Pelindo IV Handling Pengapalan Perdana Produk Perikanan gunakan Container Reefer

DermagaJumat, 23 Maret 2018
IMG-20180323-WA0000-600x400

JAKARTA (BeritaTrans.com)
- PT Pelabuhan Indonesia IV sukses melakukan pengapalan perdana komoditas hasil perikanan dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual, Provinsi Maluku menggunakan container reefer (kontainer dilengkapi pendingin).

Handling container reefer perdana sejak PPN Tual berdiri tersebut dilakukan bekerjasama dengan PT Perikanan Nusantara (Persero), kemarin.

Pada tahap awal handling reefer dilakukan untuk kebutuhan domestik dan akan dilanjutkan dengan program ekspor langsung sebagaimana yang dijalankan di pelabuhan lain.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan untuk suksesnya kegiatan ekspor langsung ikan tersebut, pihaknya telah menyiapkan Pelayanan Satu Atap untuk proses ekspor di Kantor Pelabuhan Cabang Ambon.

“Untuk akselerasi ekspor ikan, akan ditunjang dengan fasilitas yang diperlukan, baik di Pelabuhan Umum Tual maupun di PPN Tual”, kata Doso Agung.

Doso menyebut bahwa status ekspor produk perikanan yang dilakukan dari Tual, semuanya memang dikeluarkan oleh Pelabuhan Ambon.

Pengapalan perdana produk perikanan dari Pelabuhan Tual ini, juga dihadiri dan disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Sjarief Widjaja, Direktur Utama PT Perikanan Nusantara, Dendy Anggi Gumilang bersama Plt Wali KotaTual, Abdul Hamid Rahayaan dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Selain menyaksikan langsung pengapalan perdana komoditas perikanan, dalam kunjungan tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga melakukan dialog langsung dengan nelayan setempat.

Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan juga menyerahkan bantuan kepada nelayan setempat berupa, kapal penangkapan ikan, alat penangkapan ikan ramah lingkungan, premi asuransi dan klaim asuransi nelayan, serta permodalan nelayan.

Juga dilakukan peninjauan langsung fasilitas dan aktivitas di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual.

Diharapkan, dengan bantuan pemerintah yang diberikan kepada para nelayan, produksi ikan tangkap dari Tual semakin berlimpah, sehingga produk ekspor perikanan dari wilayah ini juga semakin meningkat.
(wilam)

loading...