Angkasa Pura 2

Djoko: Tugas Kita Bersama Membangun dan Memberdayakan Angkutan Umum

KoridorRabu, 28 Maret 2018
Harmoni Central Busway Transjakarta 2

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Upaya Pemerintah malalui Ditjen Perhubungan Darat dan BPTJ Kementerian Perhubungan (Kemhub) bersama operator terus membangun dan memperbaiki angkutan umum di Tanah Air mulai memberikan hasil dan perlu terus ditingkatkan.

Angkutan umum khususnya Bus Rapit Transit (BRT) dengan bantuan bus dari Ditjen Perhubungan Darat sudah mampu menggairahkan dan meningkatkan pelayanan angkutan umum di berbagai daerah.

Daerah-daerah yang belum mempunyai angkutan umum, sekarang ada di dioperasian oleh Perum Damri. Sementara,  beberapa kota besar yang sudah mempunyai BRT atau angkutan umum perkotaan yang lebih baik selain angkutan umum reguler yang ada.

Kota-kota besar seperti Jakarta dengan bus TranJakarta, Bandung dengan bus TransBandung, Semarang dengan bus TransSemarang, TransJogja di Kota Pelajar, TransMusi di Palembang dan lainnya sudah ada dan makin baik.

“Tugas kita bersama, bagaimana membangun dan memberdayakan angkutan umum di Indonesia dengan lebih baik,” kata pakar transportasi dari MTI  Djoko Setijowarno kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Selasa (27/3/2018) malam.

BRT TransSemarang

Namun begitu, lanjut dia, kini masih banyak daerah yang belum memiliki angkutan umum yang baik dan memadahi untuk mendukung aktivitas warganya. “Realitas ini harus menjadi perhatian Pemerintah khususya Ditjen Hubdat,” kata Djoko.

Sampai kini ternyata  asih ada warga yang menjadi pengguna berat bahkan mengapresiasi angkutan umum yang ada. Mereka itu harus dibantu dan ditingkatkan pelayanannya.

Warganet, @asepgustiaranugraha melalui akun @hubdat151 memposting pesan, “Aku pelanggan bus Primajasa atau Arimbi kalau perjalanan ke Tangerang,” kata dia.

Dia menambahkan, untuk bisnya keren dan nyaman. “Mungkin saran saja tinggal lingkungan terminalnya di buat semodern biar tambah nyaman,” harap Asep.(helmi)

loading...