Angkasa Pura 2

152 Pilot Alumni STPI Direkrut Tiga Maskapai Nasional

Kokpit SDMRabu, 4 April 2018
IMG-20180404-WA0010

CURUG (BeritaTrans.com) – Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Capt.  Novyanto Widadi, S.AP, MM mengatakan, para pilot alumni STPI yang belakangan terserap  pihak maskapai mencapai 152 orang.

“Mereka adalah alumni STPI yang sudah mengikuti diklat tambahan dan sudah menyelesaikan programnya awal tahun 2018 ini,”  katanya menjawab BeritaTrans.com di kantornya Curug, Rabu (4/4/2018).

Mereka yang kini sudah  bergabung di maskapai penerbangan.  “Mereka  para pilot itu masing-masing 72 pilot direkrut maskapai Garuda Indonesia, 60 pilot direkrut Citilink Indonesia dan 20 pilot direkrut di Lion Air Grup,” jelas Capt. Novy, sapaan akrab dia.

Dia menambahkan,  kini masih ada satu kelas pilot yang tengah mengikuti  diklat tambahan di STPI. “Sekitar Juni 2018 akan selesai dan selanjutnya akan direkrut oleh maskapai nasional,” jelas Capt. Novy.

Juli Rekrut Siswa Lagi

Sesuai rencana, sekitar Juli 2018 akan merekrut pilot yang belum terserap industri untuk ikut diklat tambahan di STPI. Diklat tambahan bagi para pilot muda itu semua ditanggung STPI alias gratis.

“Tapi, STPI akan lebih selektif dan dipastikan ada maskapai yang akab menyerap mereka. Dengan begitu, STPI tak sia-sia membiayai mereka,” kilah Capt. Novy.

Data yang dihimpun BeritaTrans.com,  selain tiga maskapai tersebut,  ada beberapa maskapai nasional yang merekrut pilot alumni STPI.

Misalnya maskapai AirAsia. Selain itu ada beberapa maskapai lain yang juga berminat merekrut pilot alumni STPI tersebut meski jumlahnya belum pasti.(helmi)

  • Anonim

    Memang maskapai merekrut, tapi para siswa bisa direkrut maskapai tersebut karena lolos tes reguler rekrutmen maskapai tersebut, BUKAN lewat jalur khusus dari pihak STPI