Angkasa Pura 2

Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI Raih Rekor MURI

EmplasemenRabu, 4 April 2018
IMG_20180404_100433

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas keberhasilan menutup 313 perlintasan sebidang hanya dalam waktu dua bulan.

Rekor tersebut diserahkan langsung oleh Jaya Suprana sebagai pendiri MURI kepada Sekretaris Jenderal Perhubungan Sugihardjo yang kemudian di sampaikan kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dan PT KAI di sela-sela acara Workshop Keselamatan Perkeretaapian di Jakarta, Rabu (4/4/2018).

“Rekor MURI ini sebagai penghargaan atas kerja keras semua pihak dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi, khususnya di lintasan sebidang kereta api,” kata Sugihardjo.

Menurut Sugihardjo, hingga saat ini tidak kurang dari 4.600 perlintasan sebidang yang tidak berizin. Perlintasan ini tidak dikelola oleh pemerintah pusat maupun daerah. Sedangkan perlintasan sebidang yang berizin baru sekitar 1.194 titik.

“Kecelakaan yang melibatkan kereta api itu banyak terjadi pada lintasan sebidang yang tidak berizin, sebab biasanya perlintasan sebidang ilegal itu tidak ada yang menjaga,” katanya.

Sugihardjo berpesan, ke depan perlu memperkuat sinergi dengan berbagai pihak untuk membenahi ribuan perlintasan sebidang ilegal tersebut. Keterlibatan PT Kereta Api sebagai operator jasa perkeretaapian, Pemerintah Daerah, dan masyarakat sangat perlu.

“Sebab, kewenangan pemerintah pusat yang dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian hanya untuk lintansan-lintasan di jalan nasional. Sementara, 99% lintasan sebidang itu ada di daerah,” katanya. (aliy)

loading...