Angkasa Pura 2

Paku Jalan Dipasang Untuk Menekan Resiko Terjadinya Kecelakaan

KoridorSelasa, 10 April 2018
images-14

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Paku Jalan (Glass Road Stud) merupakan sarana penunjang keselamatan dalam mengemudi. Selain itu juga pengguna jalan lainnya.

“Paku jalan adalah benda menyerupai bola kaca yang tertanam di aspal? Benda tersebut adalah Paku Jalan atau Glass Road Stud,” sebut akun @kemenhub151 di Jakarta.

Paku jalan dipasang untuk tujuan  keselamatan.  Sebab, benda kecil tersebut dapat memantulkan cahaya lampu saat cuaca sedang gelap ataupun ketika malam hari.

Dengan inatrumen paku jalan tersebut pengguna jalan dapat melihat marka jalan dengan lebih jelas. Selanjutnya bisa mengurangi resiko kecelakaan.

Tak Semua Jalan Dipasang

Sayang, banyak ruas jalan di Indonesia yang tak dilengkapi atau sudah rusak paku jalannya. Akun @aldi.rh (ada paku jalan) Tertimbun aspal tambahan pak.

Akun @shine_khaeel menambahkan, “Tidak semua terpasang dijalan. Entah kurang dana atau gimana. Padahal jalan lintas propinsi level kecelakaannya sangat tinggi. Tapi tak ada tuh perhatuannya,”  keluh dia.

Terkadang, paku jalan dipasangvkurang tepat. Akun @captain.byakuya11, “Dan (paku jalan) sering dipasang di jalanan kota yang notaben punya penerangan lebih dari cukup, juga tak terlihat di jalan  lintas yang memang membutuhlan paku jalan itu.”

Sedang akun @gitzalfana mengaku, paku jalan justru  “Suka bikin was was kalo ujan, pas nyalip licin.”(helmi)