Angkasa Pura 2

Pembatasan Kendaraan di Tol Janger Diberlakukan, Ini yang Dilakukan BPTJ dan Operator

KoridorRabu, 11 April 2018
images

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Karakteristik kondisi Tol Jakarta Tangerang (Janger) dengan Tol Jakarta Cikampek (Japek) hampir sama, mengalami kemacetan yang tinggi. Hasil kajian BPTJ, tingkat kepadatan di tol atau V/C ratio di beberapa ruas jalan sudah mencapai 1 bahkan lebih.

“Di beberapa ruas juga banyaknya lalu lintas kendaraan berat angkutan barang golongan III, IV dan V,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Oleh karena itu, jelas dia, paket kebijakan pembatasan kendaraan di tuas tol Janger sangat mendesak untuk diberlakukan. “Kalau ruas Tol Japek bisa maka Til Janger seharusnya juga bisa,” papar Bambang Pri.

Untuk antisipasi penerapan kebijakan ini, lanjut dia, BPTJ bekerjasama dengan para operator angkutan bus juga akan menambah armada angkutan umum Bus Premium (Jakarta Residence Connexion), dengan harapan akan semakin banyak pemilik kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum. JR Connexion akan disiapkan dari lingkungan pemukiman masing-masing.

Adapun titik yang menjadi lokasi angkutan umum Bus Premium diantaranya adalah Perumahan Citra Raya, Alam Sutera, Villa Melati, BSD City dan Perumahan Banjar Raya.

Sesuai Siaran Pers BPTJ sebelumnya nomor HM.101/IV/027/BPTJ/2018, penerapan paket kebijakan di tol Jakarta-Tangerang ini tetap akan dilakukan bersamaan dengan paket kebijakan Tol Jagorawi, yaitu uji coba mulai 16 April 2018.

Diharapkan pada awal Mei 2018 kebijakan sudah terimplementasi secara penuh. Namun jika pada Siaran Pers BPTJ nomor HM.101/IV/027/BPTJ/2018 lalu masih menyebut kemungkinan besar pemberlakuan skema ganjil genap di Tol Jakarta-Tangerang akan diterapkan di pintu tol Kunciran 2 dan Bitung 2 arah Jakarta (sambil menunggu hasil analisis dan kajian selesai),

Melalui siaran pers ini, papar Bambang Pri, setelah hasil kajian dan analisis selesai dipertegas bahwa skema ganjil genap akan diberlakukan di pintu tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 arah Jakarta.(helmi)

Foto: ilustrasi