Angkasa Pura 2

BPTJ Uji Coba Paket Kebijakan Pengaturan Kendaraan di Tol Jagorawi dan Tol Janger Senin Mendatang

Another News KoridorJumat, 13 April 2018
IMG-20180413-WA0038

JAKARTA (BeritaTrans.com) -Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) segera  menerapkan Paket Kebijakan pengaturan kendaraan di ruas Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Jakarta-Tangerang (Janger).

“Uji coba akan dilakukan serentak pada  Senin (16/4/2018) mendatang,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono dalam jumpa pers bersama di PT Jasa Marga, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Bambang Pri mengatakan,  kemacetan lalu lintaa ruas tol Jabodetabek sudah dalam tahap darurat. Oleh karenanya, Pemerintah hadir dalam antisipasi kemacetan.

Evaluasi terhadap penerapan paket kebijakan yang telah diterapkan selama 4 minggu (12 Maret 2018 hingga 6 April 2018). Ini terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek telah berhasil menurunkan V/C Rasio sebesar 46%.

Pada waktu bersamaan, terjadi peningkatan  kecepatan diJalan Tol Jakarta-Cikampek meningkat sebesar rata-rata  10-20% pada jam pemberlakuan kebijakan.

Atas evaluasi tersebut, maka paket kebijakan pun diterapkan di Ruas Jalan Tol Jagorawi. Selain itu juga di ruas tol  Janger yang sama macetnya.

Paket kebijakan di Ruas Tol Jagorawi dan Janger:

Penerapan skema ganjil-genap di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2 arah Jakarta, pada pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional.

Penerapan Lajur Khusus Kendaraan Umum (LKAU) dari Bogor-Pasar Rebo arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional.

Sementara itu, paket kebijakan yang akan diterapkan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang  (Janger) meliputi:

Penerapan skema ganjil-genap di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2 arah Jakarta pada pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional.

Penerapan LKAU dari Tangerang-Kebon Jeruk arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional.

Pembatasan angkutan barang (Kendaraan Golongan III-V) mulai dari Tol Cikupa-Tomang untuk 2 arah mulai pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional.

Pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas, yakni Perumahan Citra Raya, Alam Sutra, Villa Melati, BSD City, dan Perumahan Banjar Raya.

Uji coba paket kebijakan yang diterapkan di Ruas Jalan Tol Jagorawi dan Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang akan dilakukan ujicoba mulai tanggal 16 April 2018, dan akan diterapkan pada awal bulan Mei 2018.

Nantinya, pada saat paket kebijakan tersebut telah diterapkan, akan ditempatkan petugas yang beroperasi di akses GT Cibubur 2, GT Tangerang 2, dan GT Kunciran 2.(helmi)