Angkasa Pura 2

Desi: Jasa Marga Telah Melakukan Manajemen Rest Area di Jalan Tol

KoridorJumat, 13 April 2018
DapPP8fUwAAsp-d

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani melaporkan, saat ini pihaknya telah melakukan manajemen rest area. Nantinya, akan ada dua kategori rest area, yakni rest area lama dan rest area baru atau sementara. 

“Yang berat memang di rest area lama harus membuat manajemen yang lebih advance agar tidak terjadi seperti tahun lalu. Akan ada rest area temporer (sementara) setiap 10 km dengan mobile toilet dan fasilitas air. Diharapkan Pertamina, fasilitas kesehatan dan bengkel juga sudah ada di sana,” ungkap Desi pada Rakor Angkutan Lebaran (Angleb) di Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Saat arus mudik Lebaran  2018, lanjut dia,  jalan tol sudah terhubung mulai Jakarta sampai Surabaya. “Memang belim semua ruas tol selesai dibangun, tapi sudah  bisa dilintasi pemudik,” jelas  Desi.

Beberapa ruas tol yang masing fingsional, menurut Desi antara lain dari Batang-Semarang,  Salatiga-Kartosuro dan Wilangan-Kertosono.

Namun beberapa ruas jalan tol fingsional itu, aku Desi dipastikan siap dilalui pemudik saat pulang menjelang Lebaran mendatang. “Namun begitu pemudik harus hati-hati dan mengukuti perunjuk dan rambu-rambu keselamatan,” urai Desi.

Ditambahkan, Kepala BPJT Kemen PUPR Herry Trisaputra Zuna, beberapa rest area sementara itu, terutama akan difokuskan di jalan tol fungsional di Jalan Tol Trans Jawa.

Dengan perencanaan, satu jalur akan digunakan untuk lalu lintas pemudik, dan satu jalur lainnya untuk rest area sementara. “Prinsipnya menyediakan toilet, tempat istirahat, dan musala,” paparnya. 

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan dari instansi-instansi terkait. Di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian PUPR, Kemendikbud, Kepolisian RI, TNI, Ombudsman, Jasa Marga, BPJT, Bina Marga, Aprindo, Organda, Pelni, Angkasa Pura.(helmi)