Angkasa Pura 2

Jaga Keselamatan Pelayaran, Pangkalan PLP Priok – KUPP Labuhan Bersinergi

DermagaJumat, 13 April 2018
IMG-20180413-WA0018

IMG-20180413-WA0020

LABUHAN (BeritaTrans.com) – Terus menjaga keselamatan pelayaran, Pangkalan PLP Tanjung Priok dan KUPP Labuhan melaksanakan sinergi.

Salah satunya yakni terkait dengan pemeriksaan kapal Km Diandra 3D. Di kantor KUPP Kelas III Labuhan, serah terima berkas pemeriksaannya dari nakhoda kapal patroli KN. Trisula P.111 Capt. Handry Sulfian dan nakhoda KN. Cundrik P.204 Capt. Novianto.

“Penyerahan berkas pemeriksaan tersebut diterima langsung oleh kepala kantor KUPP kelas III Labuhan,” jelas Capt. Handry di Labuan, Jumat (13/4/2018).

Menurut capt. Handry, kronologis pemeriksaan kapal KM. Diandra 3D itu pada posisi perairan Gunung Krakatau. Dari hasil pemeriksaan ditemukan bahwa kapal tersebut berlayar dari dermaga Marina Lippo Carita menuju Gunung Krakatau tanpa menggunakan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dari KUPP setempat.

“Selain tidak adanya SPB di atas kapal, ternyata radio komunikasi VFH dalam keadaan tidak berfungsi (rusak). Juga mendapatkan Pas kecil yang sudah tidak berlaku lagi (Expired),” ungkapnya.

Kapal KM. Diandra 3D membawa penumpang 14 orang dalam rangka kunjungan wisata menuju Gunung Krakatau.

IMG-20180413-WA0019

“Sungguh berani sekali nakhoda kapalnya dengan keadaan kapal yang tidak lengkap peralatan navigasinya. Jika ada kejadian kecelakaan di laut dengan kondisi radio yang tidak berfungsi maka sangat fatal akibatnya dikarenakan tidak bisa berkomunikasi dengan kapal-kapal lain,” ujar capt. Handry

Menurut keterangan nahkoda kapal KM. Diandra 3D, untuk pengurusan Pas kecil bermula dari pengurusan surat izin ke pemerintah setempat. Selanjutnya melapor ke KUPP Labuhan.

Selaras dengan pernyataan dari salah satu staf KUPP Labuhan bahwa pelimpahan wewenang dari Dishub ke Ditjen Hubla (KUPP) yang mulai efektif per November 2017.

Hasil dari pertemuan antara nahkoda kapal patroli dan Kepala KUPP Labuhan dan turut juga disaksikan staf dari Pangkalan Plp kelas I Tanjung priok Togar Hutasoit, SH menyimpulkan bahwa kedepannya agar lebih bersinergi lagi dalam hal pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran terutama terhadap kapal-kapal asing yang singgah maupun kapal yang sedang lego jangkar.

IMG-20180413-WA0017

“Mereka tidak melapor ke kantor KUPP Labuhan, mengingat terbatasnya sarana kapal patroli,” pungkas dia. (omy)