Angkasa Pura 2

KNKT Sarankan Wisatawan Gunakan Bus Laik Jalan

Destinasi KoridorJumat, 13 April 2018
IMG_20180322_093924

JAKARTA (beritatrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyarankan agar masyarakat yang hendak berwisata menggunakan kendaraan bus hendaknya menggunakan bus wisata yang laik jalan. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang akhir-akhir ini cenderung semakin banyak terjadi.

“Menggunakan bus wisata yang laik jalan juga dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman selama di perjalanan,” kata Soerjanto di Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Selain bus yang laik jalan, kata Soerjanto, masyarakat juga jangan mengabaikan faktor kelaikan pengemudi bus wisata.

KNKT memberikan tips cara memilih bus wisata yang laik jalan. Diantaranya adalah: Kembang/tapak ban tidak gundul dengan ketebalan minimum 1 mm; sistem pengereman, speedometer, sabuk keselamatan, dan sistem lampu (rem, sen, parkir) berfungsi dengan baik; bodi kendaraan tidak kropos; kaca depan tidak retak; Ada kotak P3K, pemukul kaca dan APAR, serta pintu darurat pada kendaraan.

Sedangkan kelaikan pengemudi diantaranya adalah: Ada pengemudi cadangan; memiliki surat keterangan sehat; penggantian/istirahat antar pengemudi setiap 4 jam sekali; pengemudi beristirahat tidak di kendaraan tetapi di peristirahatan yang disediakan oleh pengelola wisata; memimpin do’a sebelum keberangkatan; memeriksa pemakaian sabuk keselamatan pada penumpang; dan tidak menggunakan handphone pada saat berkendaraan.

Faktor yang terakhir yang perlu diperhatikan adalah pemeriksaan kelengkapan admistrasi kendaraan dan pengemudi (masa berlaku dan kesesuaiannya) yang meliputi buku uji berkala, STNK dan SIM atau hubungi dinas perhubungan terdekat. (aliy)