Angkasa Pura 2

jelang Lebaran, Menhub Minta Manajemen AP dan Maskapai Lakukan Persiapan Bila Perlu Buka Sampai Jam 24.00.

Bandara KokpitSabtu, 14 April 2018
Menhub Angleb2

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pada moda transportasi udara, Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan pihaknya mendorong maskapai penerbangan untuk melakukan extra flight. Penerbangan tambahan itu bisa saja dilaikan guna mengakomodir seluruh penumpang, terutama yang mengalami lonjakan permintaan menjelang Lebaran nanti.

Bisa dipastikan, akan ada lonjakan permintaan jasa angkutan udara menjelang Lebaran mendatang ke berbagai kota di Indonesia. “Oleh karena itu, Pihak AP I dan AP II serta maskapai untuk segera mempersiapkan diri agar saatnya tiba tidak bermasalah,” kata Menhub Budi Karya di Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Menhub juga meminta agar operator bandara PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II selain mempersiapkan slot penerbangan yang dimungkinkan terkait adanya extra flight juga mengoperasikan bandara lebih lama.

“Berdasarkan pengalaman satu bulan sebelum lonjakan lebaran sudah diketahui lonjakan penumpang itu berapa, darimana, oleh karenanya pada PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II mengatur kemungkinan slot-slot yang bisa diberikan,” jelas Menhub.

Kemhub akan mendukung dan memberikan dukungan dengan berikan suatu ijin slot dengan cepat. Pengoperasian bandara-bandara lebih lama atau sampai jam 24:00. Beberapa bandara utama seperti Soekarno-Hatta Tangerang, Kuala Namu Deli Serdang, Djuanda Sidoarjo, Hassanudin Makasar, Ngurah Rai Bali dan lainnya sudah bukan 24.jam sehari.

Ditambahkan Menhub, sedang bandara lain di Tanah Air, jika memang ada permintaan, bisa memperpanjang operasinsampa jam 24.00.

Agar kapasitas penumpang yang diangkut bertambah Menhub menghimbau kepada maskapai penerbangan mengoperasikan pesawat-pesawat berbadan lebar untuk penerbangan ke rute-rute tertentu.(helmi)