Angkasa Pura 2

Menhub Akan Pastikan Keamanan Jalur Tol Fungsional Untuk Mudik Lebaran 2018

KoridorSabtu, 14 April 2018

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan nantinya jelang angkutan lebaran pihaknya akan mengecek langsung jalur fungsional tersebut untuk memastikan keamanannya untuk digunakan para pemudik.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebutkan, masih ada beberapa ruas jalan tol yang fungsional. Dikatakan, jalan tol Jakarta hingga Surabaya pada masa angkutan Lebaran Juni 2018 besok masih belum dapat beroperasi seluruhnya.

Oleh karena itu, Menhub Budi Karya beserta jajaran akan memastikan, seluruh ruas jalan tol fungsional tetap aman digunakan. pemudik bisa melintas dengan aman, meski harus berjalan ekstra hati-hati.

“Dua minggu menjelang lebaran kita akan tetapkan jalur fungsional itu berfungsi jam berapa sampai jam berapa. Tadi sudah dinyatakan Dirut PT. Jasa Marga Desi Arriyani satu jalur, kalau tahun lalu (jalur fungsional) kita (buka) cuma sampai jam 18:00. Jadi kalau ternyata tidak ada lampu pasti kita nyatakan malam tidak boleh,” papar Menhub usai Rapat Koordinasi terkait penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018 di Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Terkait hal tersebut untuk mengantisipasi adanya debu ditambah musim panas pada penyelenggaraan angkutan Lebaran besok, Menhub juga meminta pengelola jalan tol untuk menyiapkan tangki air dan menyirami ruas jalan secara periodik untuk meminimalisir penyebaran debu.

Tidak Mudik Pakai Sepeda Motor

Pada kesempatan yang sama Menhub kembali meminta kepada masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor karena tidak dapat memberi jaminan keselamatan kepada pemudik terlebih jarak yang ditempuh tidak pendek.

Menhub mendorong masyakarat untuk memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan baik oleh Kementerian Perhubungan maupun oleh perusahaan swasta/BUMN di Tanah Air.

“Alhamdulillah dari swasta dan BUMN juga ada tambahan jumlah peserta mudik gratis yang luar biasa. Kami tetap menganjurkan meminta bantuan dari swasta bahkan ada anjuran dari Kementerian Ketenagakerjaan sebaiknya pengusaha-pengusaha itu juga mengadakan angkutan massal untuk mereka yang mau mudik,” ucap Menhub.(helmi)