Angkasa Pura 2

BPTJ Genjot Kebijakan Untuk Naikkan Share Angkutan Umum

Emplasemen KoridorMinggu, 15 April 2018
IMG-20180415-WA0001

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Sejalan dengan visi misi BPTJ yang terus menggalakkan angkutan umum khususnya di Jabodetabek.  Mereka bis berbasis bus, LRT, MRT, commuter lain dan sebagainya.

“Share angkutan umum harus terus naik dengan menyediakan angkutan umum yang baik dan terintegrasi,” kata Kepala BTPJ Bambang Prihartono menjawab BeritaTrans.com, kemarin.

Menurutnya, BPTJ bersama operator angkutan umum terus menambah trayek angkutan umum bahkan sampai ke pemukiman warga dan kawasan bisnis di Ibukota Jakarta.

“Angkutan umum tersebut akan menghubungkan area pemukiman di Jabodetabek ke Jakarta termasuk bandara, kawasan bisnis dan lainnya,” kata Bambang Pri.

Untuk mengurai kemacetan  lalin di  Jabodetabek, papar dia, tak bisa mengandalkan kendaraan pribadi. Jika dipaksakn bisa terjadi sebaliknya.

“Kita harus mengubah gaya hidup dan beralih menggunakan angkutan umum untuk bertransportasi di Indonesia, khususnya Jabidetabek,” tandas Bambang Pri.

Sementara, Pemprov DKI Jakarta saat ini sedang merancang transportasi terintegrasi di Jakarta.  Infrastruktur transportasi berbasis jalan raya, rel atau kereta api tengah digalakkan pembangunannya.

Wagub DKI Jakarta  Sandiaga S.Uno  mengatakan transportasi darat seperti MRT, LRT, hingga kereta api berbasis transit oriented development (TOD) akan menjadi fokusnya bersama Gubernur DKI Anies Baswedan.

“Angkutan umum berbasis transportasi yang terintegrasi baik itu MRT, LRT, commuter line dan kereta berbasis TOD yang akan menjadi fokus kita ke depan,” kata Sandi, sapaan akrab dia.

Seperti diketahui, dirangkaian LRT sudah tiba di Indonesia. Sejak Minggu (15/4/2018) dini hari sudah dikirim  ke Depo Kelapa Gading bahkan dipasang di jaringan rel LRT yang ada.

Sebelumnya, beberapa rangkaian MRT juga sudah tiba  di Indonesia. Kereta asal Jepang itu kini di Depo Lebak Bulus dan siap untuk diujicoba. Jika semua sudah beroperasi, maka alternatif angkutan umum di Jakarta akan semakin baik lagi.(helmi)