Angkasa Pura 2

Pembangunan Runway Ketiga Bandara Soetta akan Tingkatkan Pergerakan Pesawat Menjadi 114/Jam

BandaraMinggu, 15 April 2018
IMG-20180415-WA0018

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan trafik pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan meningkat pada 2019 lewat dua proyek besar yang saat ini berjalan.

Peningkatan pelayanan dan pergerakan pesawat itu akan terwujud setelah selesai proyek pembangunan runay ketiga, revitaslisasi Terminal l dan ll Bandara Soetta saat ini.

 “Kalau sekarang 81 pesawat per jam, nanti kami harapkan akan menjadi 114 pesawat per jam,” ujar Menhub Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (15/4//2018).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menambahkan, saat pergerakan pesawat di Bandara Soetta sudah naik menjadi 81 pergerakan per jam dari sebelumnya 72 pergerakan.

“Jika proyek east cross taxiway sudah selesai dibangun akan menaikkan pergerakan pesawat menjadi 86 per jam. Dan setelah runway ketiga selesai  dibangun akan meningkat lagi menjadi 114  pergerakan pesawat per jam,” papar Awaluddin.

Jumlah trafik pesawat saat lepas landas (take off) dan mendarat (landing) di Bandara Soekarno-Hatta saat ini berjumlah 81 dari sebelumnya 72 pergerakan per jam. Operasional runway ketiga diklaim akan mampu meningkatkan trafik pergerakan pesawat.

Proyek besar lainnya yang akan segera direalisasikan di Bandara Soekarno-Hatta adalah pembangunan gudang untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan kargo atau Cargo Village di Bandara Soetta.

C1argo Village tersebut akan meningkatkan kapasitas penyimpanan kargo sebanyak dua kali lipat. “Kalau sekarang yang bisa ditampung sebanyak 760 ribu ton per tahun. Nanti dengan adanya gudang baru jadi sekitar 1,5 juta ton per tahun,” tandas Awaluddin.(helmi)

loading...