Angkasa Pura 2

Awaluddin: Pembangunan Runway Ketiga Bandara Soetta Butuh Waktu 16 Bulan

Bandara KokpitSenin, 16 April 2018
IMG-20180416-WA0010

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Direktur Utama PT. Angkasa Pura  (AP) II Muhammad Awaluddin menyampaikan penyelesaian pembangunan runway ketiga di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten butuh waktu hingga 16 bulan.

“Untuk target penyelesaian runway adalah selama 16 bulan. Pembangunan dilakukan secara paralel dengan taxiway dan akan selesai pada Juli 2019. Saat ini pembangunan taxiway mencapai 10% dan sudah dimulai sejak 1 Desember,” kaya Awaluddin di Tangerang, kemarin.

Sedangkan east connection taxiway, lanjutnya akan selesai sekitar bulan April dan akan diverifikasi lalu final pada Juli 2019.

Sementara, Menhub  Budi Karya Sumadi menargetkan tahun 2025, Bandara Soetta bisa mengakomodir 100 juta penumpang.  “Bandara Soetta akan meningkatkan kapasitas penumpang yang kini menampung 63 juta penumpang menjadi 100 juta penumpang,” jelas Menhub.

Langkah ini dapat meningkatkan jumlah penerbangan yang saat ini terdapat 81 penerbangan per-jam menjadi 114 penerbangan per-jam.
 
Menhub Budi menambahkan, bahwa hal ini dapat terealisasi secara baik dengan adanya pembangunan runway tiga, taxiway, dan cargo village yang kini sedang berlangsung.

“Kita akan rencanakan bisa menampung 100 juta penumpang kalau diterjemahkan dalam bentuk movement 114 penerbangan dalam per-jam,” jelas  mantan Dirut AP II itu.

Nanti kita harapkan naik menjadi 114 penerbangan per jam. Kini kita tengah membangun runway ketiga disertai dengan taxiway. Saat ini kita juga membangun east cross taxiway dan Cargo Village karena permintaan akan barang ini banyak sekali.

Bandara Soetta  akan dapat suatu kapasitas yang jauh lebih besar.  Tahun 2025 kita harapkan kapasitas Bandara Soetta bisa menampung 100 juta penumpang. Peningkatan penerbangan yang terjadi lebih dari 30 persen.(helmi)