Angkasa Pura 2

Warganet Usul Ditjen Hubdat Optimalkan Angkutan Sungai Untuk Angkut Logistik dan Hasil Bumi

KoridorSelasa, 17 April 2018
IMG-20180416-WA0007

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Cuitan Menhub Budi Karya Sumadi melalui akun pribadinya @budikaryas selalu direspon positif para warganet di Tanah Air. Mulai curhat soal  transportasi di Indonesia sampai usulan pemberdayaan angkutan sungai di berbagai daerah di Indonesia.

Beragam usulan warganet itu merupakan respon akun pribadi Menhub usai nggowes bareng komunitas dan warga Jakarta. Menhub memposting, “Menhub Budi Karya Sumadi bersama Panitia Gowes mengawal “MUDIK LEBARAN JAKARTA – SURABAYA” menikmati Minggu pagi di CFD (Car Free Day) Jakarta, Minggu (15/4/2018).”

Dengan kostum warna merah dan helm safety, Menhub  Budi Karya tampak ceria menggowes bersama komunutas Gowes Kemenhub.  Mereka membaur dengan warga Jakarta yang tengah menikmati CFD tersebut.

“Olah raga bersama dihari minggu ini selain menyehatkan, juga menjadi pelepas kepenatan rutinitas kerja. Ini menjadi salah satu hiburan weekend,” katanya melalui akun @budikaryas.

Cuitan Menhub Budi Karya justru disambut positif wargabet. Akun @dewan2752 menyebutkan “Pak Menteri, hanya usul saja untuk Kemenhub, khususnya Ditjen Perhubungan Darat.”

“Bagaimana kalau mulai tahun ini, Kemenhub mengkaji peluang meningkatkan aksesibilitas sampai kedaerah pedalaman dengan membangun transportasi jalan.”

Dia juga melanjutkan, agar Pemerintah membangun jalan sungai di tanah air. Menurut @dewan2752, transportasi jalan sungai nasional dibangun di Papua, Kalimantan, Sumatera dan pulau besar lain,” sebut dia.

Dewan2752 menambahkan, Indonesia mempunyai anugerah sungai besar. Mereka bisa  untuk substitusi jalan raya yang sangat berat tugasnya, khususnya untuk angkutan logistics dan hasil bumi dan tambang.”

Kapal Kayu Angkut Sepeda Motor

Fakta selama ini, angkutan sungai  di berbagai daerah di Indonesia dilayani warga masyarakat dengan kapal kayu berbagai ukuran. Usaha jasa angkutabmn sungai ada dan memenag dibutuhkan masyarakat.

Gambar eksklusif yang diperoleh BerutaTrans.com, tampak kapal angkutan sungai yang difungsikan untuk mengangkut sepeda motor.  Tapi, apakah kapal tersebut sudah disertifikasi dan memenuhi aturan keselamatan tak ada yang tahu.

Warga di daerah pedalaman seperti di Kalimantan Sulawesi,  dan Papua bahkan beberapa daerah di kepulauan bisa menggunakan jasa kapal kayu tersebut.

Jadi kapal kayu tersebut dioperasikan bukan hanya untuk mengangku penumpang dan barang,  tapi juga mengangkut  kendaraan.(helmi)

loading...