Angkasa Pura 2

Presiden Jokowi Pastikan Bandara Kertajati Dioperasikan Mei 2018

BandaraRabu, 18 April 2018
WhatsApp Image 2018-04-17 at 16.43.04

MAJALENGKA (BeritaTrans.com) – Presiden Joko Widodo memastikan bahwa pada Mei 2018 Bandara Kertajati dapat mulai beroperasi.

Dalam tinjauannya, dia melihat progres pembangunan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat telah mencapai 96%.

“Insya Allah nanti bulan depan sudah akan kita coba mulai. Insya Allah tanggal 24 Mei coba nanti (soft launching) kita akan lihat apakah masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki di sini,” kata Presiden Joko Widodo di Majalengka, Selasa (17/4/2018).

Dengan rencana ini Presiden menyebut Bandara Kertajati akan dapat melayani  penerbangan pada masa angkutan Lebaran (angleb) besok dan melayani penerbangan haji dari dua Kabupaten, yakni Majalengka dan Sumedang.

“Rencana nanti (embarkasi) Haji tahun ini sebagian sudah akan diberangkatkan Insya Allah dari Bandara Kertajati ini. Sudah disiapkan, saya tanya ke PT Angakasa Pura II siap, ke Garuda Indonesia juga siap. Arus mudik juga sudah dipakai,” jelas Jokowi.

Bandara Kertajati nantinya, akan dilengkapi dengan akses kereta menuju bandara seperti yang sudah dibangun saat ini di Bandara Internasional Kualanamu, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan Bandara Internasional Minangkabau di Padang.

Jokowi mengaku senang dan mendukung pembangunan infrastruktur transportasi di tempat lain dengan skema pembiayaan yang sama seperti yang diterapkan di Bandara Kertajati. Dia juga optimistis dengan skema pembiayaan seperti itu maka pembangunan infrastruktur akan cepat selesai.

“Yang paling penting gini, ini kan sudah menghabiskan anggaran yang tidak sedikit untuk pembebasan, untuk konstruksi, untuk runway, dan saya senang ini kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Pusat dengan swasta ini bisa bergabung dan pengerjaannya sangat cepat sekali. Ini yang kita senang,” ungkapnya. (omy)