Angkasa Pura 2

Ini Dia Perempuan Pilot yang Berhasil Daratkan Pesawat Southwest Airlines Setelah Mesinnya Meledak

Kokpit SDMKamis, 19 April 2018
2018-04-19 23.01.44

PHILADELPHIA (BeritaTrans.com) – Seorang pilot yang mendaratkan pesawat penumpang Southwest Airlines dengan aman setelah sebuah mesin jetnya meledak di udara disambut sebagai pahlawan oleh para penumpang yang diselamatkannya.

Dalam kejadian itu seorang penumpang perempuan meninggal setelah sebelumnya hampir tersedot keluar dari jendela pesawat yang hancur.

images (6)

Pilot Tammie Jo Shults adalah kapten Penerbangan 1380 New York-Dallas yang membawa 149 orang namun mendarat darurat di bandara Philadelphia, Selasa (17/4).

Penyebab ledakan mesin itu belum dipastikan, tetapi para pejabat dari Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB), terkait engatakan bahwa pengkajian awal menemukan bukti kelelahan logam, pada salah satu bilah kipas yang patah.

PILOT JET TEMPUR

Kapten Tamie Jo Shults adalah salah satu kru pilot pejuang wanita pertama yang bertransisi ke pesawat taktis, Angkatan Laut AS telah mengkonfirmasi.

Perempuan dari New Mexico ini sarjana biologi dan agribisnis sebelum bergabung dengan militer.

Tamie Jo Shults bertugas di Angkatan Laut AS selama 10 tahun dan menerbangkan jet tempur sebelum meninggalkan dinas aktif pada 1993.

images (9)

Suaminya, Dean Shults, juga merupakan pilot di maskapai Southwest.

Di media sosial, beberapa orang membandingkan ibu dua anak itu dengan Kapten Chesley “Sully” Sullenberger, yang mendaratkan sebuah pesawat penumpang maskapai US Airways secara darurat di sungai Hudson, New York pada tahun 2009 dalam apa yang dikenal sebagai “Keajaiban di Hudson”.
KOMENTAR PENUMPANG

Alfred Tumlinson dari Corpus Christi, Texas, penumpang pesawat itu, memuji pilot yang disebutnya memiliki “saraf baja.”

“Perempuan itu, saya salut kepadanya. Saya akan mengiriminya kartu Natal, hadiah natal juga untuk yang dilakukannya dalam membawa saya kembali ke daratan,” katanya kepada Associated Press.

Diana McBride Self, yang juga penumpang penerbangan itu, memposting foto di Facebooknya, yang menunjukkan Kapten Shults menemui para penumpang setelah pesawat kembali ke daratan.

IMG_20180419_225523

“Tammie Jo Schults, pilot pesawat, menghampiri kami untuk berbicara kepada setiap orang secara pribadi. Dia adalah Pahlawan Amerika sejati,” tulisnya.

“Terima kasih luar biasa untuk pengetahuan, bimbingan, dan keberaniannya dalam situasi traumatis itu.”

FB_IMG_1524153278188

Siapa penumpang yang tewas dan mengapa?

Jennifer Riordan adalah penumpang pertama yang meninggal dalam kecelakaan di sebuah pesawat komersial AS sejak 2009.

Perempuan berusia 43 tahun, ibu dari dua orang dan eksekutif di bank Wells Fargo di Albuquerque, New Mexico.

_100935532_riordan

Menurut koroner, dia meninggal karena trauma benturan benda tumpul di kepala, leher dan badannya.

Tujuh penumpang lainnya mengalami luka ringan.

Jennifer Riordan adalah penumpang pertama yang meninggal dalam kecelakaan di sebuah pesawat komersial AS sejak 2009.

MESIN MELEDAK

Sekitar 20 menit setelah tinggal landas, mesin kembar pesawat Boeing 737 meledak dan melesatkan pecahan puing, menabrak kompartemen penumpang yang menyebabkan pesawat kehilangan tekanan dan jatuh dengan cepat.

_100936289_046253655

Dengan masker oksigen menutupi mulut mereka, para penumpang menjerit dan bersiap untuk mengalami benturan.

Selama beberapa detik, pesawat menukik hingga sudut 41 derajat sebelum kembali dalam posisi mendatar dan memulai pendaratan darurat, kata penyelidik.

“Southwest 1380, kami trbang dengan mesin tunggal,” pilot mengomunikasikan situasi kepada menara kontrol lalu lintas udara.

“Ada bagian dari pesawat yang hilang, sehingga kami akan perlu sedikit memperlambat pesawat,” katanya, sembari menambahkan bahwa ada penumpang yang terluka.

“Ada penumpang yang terluka, oke. Dan apakah pesawat Anda terbakar secara fisik?” tanya seorang pria di menara itu, menurut rekaman yang dirilis oleh para pejabat.

“Tidak, bukan ada yang terbakar, tetapi ada bagian yang hilang,” kata Kapten Shults.

“Mereka bilang ada lubang di pesawat, dan uh, ada yang terlempar keluar,” katanya dengan sangat tenang.

(moy/sumber: BBC Indonesia).