Angkasa Pura 2

Kemenhub Optimistis Mudik Lancar Meski Masih Ada Tol Fungsional

KoridorKamis, 19 April 2018
menhub1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perjalanan arus mudik Lebaran 2018 diharapkan makin lancar, aman, nyaman dan selamat. Saat perjalanan arus mudik tiba, pembangunan ruas Tol TansJawa sudah bisa dilintasi mulai dari Merak sampai Surabaya. Selain itu, jalan arteri baik jalan nasional atau jalan provinsi juga makin baik kondisinya.

Data PT Jasa Marga dan Kementerian PUPR menyebutkan, sebagian ruas Tol TransJawa sudah selesai dibangun dan siap dilintasi pemudik. Hanya sebagian kecil jalan tol yang masih fungsional, karena belum selesai dibangun.

Ada beberapa ruas tol yang masih fungsional, antara lain pemalag-Batang, Batang-Kendal. Kemudian ruas antara Salatiga-Boyolali-Kartosuro, kemudian antara Wilangan-Kertosono, Jawa Timur.

Dengan realsiasi pembangunan Tol Transjawa, maka perjalanan mudik khususnya di lintasi utara Jawa makin lancar. Selain jalan tol, pemudik juga bisa melintas melalui jalan arteri yang sudah eksis mulai dari Anyer di Banten sampai Penarukan di Jawa Timur.

“Selesainya pembangunan jalan tol, akan memperlancar arus mudik baik di Jawa atau Sumatera. Kita otpimis perjalanan arus mudik tahun ini akan semakin lancar, meski mash ada beberapa ruas tol fungsional” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, kemarin.

Sementara untuk ruas jalur selatan Jawa, mulai dari Bandung ke arah Garut, Tasikmalaya, Ciamis sampai ke Jawa Tengah relatif baik. Kendati masih ada beberapa titik potensi kamecatan, baik karena medan jalan yang berat seperti tanjakan, tikungan, atau pasar tumpah di sepanjang lintas selatan Jawa.

Beberapa titik potensi kemacetan menurut data Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) selain lintas Nagreg yang rawan macet kini sudah disiapkan jalan alteratif di lintas selatan Jawa Barat tersebut. Namun ada beberapa titik kemacetan antara lain, Pamuncat, Tanjakan Bohong, di seputar Cagak.

Dirjen Hubdat Budi Setiyadi mengatakan, pemerintah dan pihak lain sudah menyiapkan infrastruktur dan saran transportasi yang baik. Namun, pemudik harus tetap hati-hati dan waspada. “Taati aturan dan tata tertib lalu lintas, dan ikuti saran dan petunjuk petugas di lapangan,” pinta dia.

Sementara, di jalur tengah Jawa khususnya antara Tegal-Purwokerto ada pembangunan proyek Underpass Karangsawah. Oleh karena itu, masih akan dilakukan rekayasa lalu lintas yang ditangani dan dipimpin oleh Korlantas Polri.

Menjelang arus mudik Lebaran 2018, menurut Dirjen Budi, Pemerintah akan mengeluarkan jalur mudik mulai dari Sumatera, seluruh Jawa dan juga daerah lain potensial terjadi lonjakan arus mudik.(helmi)

loading...