Angkasa Pura 2

Kuliah Umum di STTD, Ahmad Yani Paparkan Lima Pilar Keselamatan Transportasi Jalan Raya

SDMKamis, 19 April 2018
IMG-20180419-WA0007

BEKASI (BeritaTrans.com) – Direktur  Pambina Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ahmad Yani, ATD, M.Sc memberikan kuliah umum di depan taruna STTD Bekasi.

Kuliah umum dilaksanakan di Auditorium Girisoeseno  Hadihardjono, Bekasi, Kamis (19/4/2018). Dalam kuliah umum ini bertindak sebagai moderator Tonny Agus, Kabag Administrasi  Akademi dan Ketarunaan STTD.

Dalam paparannya, Ahmad Yani menyampaikan lima pilar keselamatan jalan seperti tertuang dalam Rancana  Umum Nasional Keselamatan (RUNK).

Ratusan taruna STTD terutama tingkat l dan ll serta dosen dan instruktur STTD  ikut dalam kuliah umum yang disampaikan salah satu alumni terbaik STTD Bekasi.

Hadir pula mantan Direktur Keselamatan yang juga Ketua Corp Alumni STTD, Eddi,ATD, M.Sc.

“Ada lima pihak keselamatan transportasi jalan. Pertama Safer Manajement,  dengan penanggung jawab  Bappenas.  Kedua Safer Road,  dengan penanggung jawab Kementerian PUPR,” sebut Yani.

Pilar ketiga, menurut Yani adalah Safer Vehicle  dengan penangung jawab Kementerian Perhubungan. Keempat Safer People dengan penanggungjawab Polri.

Sedang pilar kelima atau terakhir, papar Yani,  adalah Post Crash, oleh Kementerian Kesehatan
 
Dia menambahkan, dalam penanganan kecelakan atau post crash harus memenuhi ketentuan golden time. Yaitu waktu efektif penananganan dalam waktu cepat dan cara-cara yang tepat.

“Golden time post crash ini antara 20-30 menit. Jika dilakukab dengan cepat dan tepat akan bisa menekan jumlah korban meninggal akibat kecelakaan di jalab raya,” tandas Yani.(helmi)