Angkasa Pura 2

Cegah Berita Negatif, Ditjen Hubla Bentuk Tim Media Sosial

DermagaJumat, 20 April 2018
IMG-20180420-WA0001

JAKARTA (beritatrans.com) – Saat ini media sosial sudah menjadi kebutuhan masyarakat di era digital. Selain untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, media sosial juga harus dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mengantisipasi berita negatif dan “hoax”.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo saat memberikan pengarahan kepada para peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Media Sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun 2018 di Ruang Nanggala Kantor Pusat Kementerian Perhubungan Jakarta pada Kamis (19/2/2018).

Dirjen Agus menjelaskan bahwa media sosial memiliki kecepatan penyebaran informasi lebih cepat dibanding media lain, namun seringkali berita yang disebarkan justru berita negatif sehingga kita harus bisa meng-counternya dengan menyebarkan “trusted news” atau berita terpercaya.

“Untuk itulah Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub perlu membentuk Tim Media Sosial yang anggotanya terdiri dari para pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan di seluruh Indonesia, yang nantinya akan menjadi perpanjangan tangan Ditjen Perhubungan Laut dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat,” ujarnya.

IMG-20180420-WA0002

Dirjen Agus berharap kepada seluruh anggota Tim Media Sosial UPT agar dapat berkontribusi aktif dalam memberikan informasi yang cepat dan akurat demi kepentingan instansi serta bangsa dan Negara.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Capt. Rudiana mengatakan, kegiatan Bimtek Media Sosial in merupakan tindak lanjut dari diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.003/17/9/DJPL-18 tanggal 23 Februari 2018 tentang Pembentukan Tim Media Sosial UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Pelatihan yang kita buat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para anggota Tim Media Sosial UPT khususnya dalam pemanfaatan media sosial secara efektif dan bertanggungjawab sehingga informasi mengenai kinerja dan kebijakan Ditjen Perhubungan Laut dapat disampaikan dengan baik kepada masyarakat,” jelas Capt. Rudiana.

IMG-20180420-WA0003

Sebagai informasi kegiatan Bimbingan Teknis Media Sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun 2018 akan diselenggarakan di 2 (dua) lokasi yaitu di Jakarta yang dilaksanakan hari ini dan di Bali pada tanggal 3 Mei 2018 mendatang. Adapun narasumber dalam Bimtek ini antara lain Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Baitul Ikhwan, Tim Ahli Desain Menteri Perhubungan Agit Atriantio serta Praktisi Media Sosial Iwan Setyawan, yang juga merupakan Tim Komunikasi Digital Presiden Joko Widodo serta penulis buku best seller “9 Summers 10 Autumns”. (aliy)