Angkasa Pura 2

Ini Pesan Dirbinkes Ahmad Yani Soal Keselamatan Pada Guru TK/RA di Ciamis

Koridor SDMJumat, 20 April 2018
IMG-20180420-WA0004

CIAMIS (BeritaTrans.com) – Keselamatan jalan sampai saat ini belum menjadi budaya di masyarakat di Indonesia. Untuk membentuk budaya keselamatan perlu proses yang panjang, dengan melakukan perubahan persepsi yang terus menerus kepada masyarakat tentang keselamatan.

“Perubahan persepsi tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan dan sosialisasi sehingga nilai-nilai keselamatan bisa menjadi nilai- nilai kehidupan,” kata Direktur Pembinaan Kezelamatan Transportasi Jalan Ditjen Hubdat Ahmad Yani, ATD, M.Sc saat membuka  acara Bimbingan Teknis Materi Keselamatan Pada Guru TK/RA yang dihelat Dishub Ciamis, Jumat (20/4/2018).

Untuk itu,  lanjut dia, pendidikan keselamatan jalan sangat perlu ditanamkan sejak anak-anak . Karena seperti kita ketahui bersama, bahwa masa usia dini merupakan masa keemasan (golden age),  dimana penanaman disiplin berlalu lintas akan menjadi nilai-nilai dasar bagi perkembangan anak selanjutnya.

“Apabila penanaman nilai-nilai ini dilaksanakan secara menyeluruh dan terus menerus, maka perilaku keselamatan akan menjadi budaya dan peradapan bangsa,” kata Yani, dalam sambutan tertulis yang diterima BeritaTrans.com itu.

Menurutnya, pendidikan keselamatan kepada anak-anak hendaknya dapat

IMG-20180420-WA0005 dibuat secara menarik, menyenangkan, dikombinasikan dengan nyanyian, gerak dan lagu serta disesuaikan dengan usia anak-anak sehingga materi yang disampaikan tidak membosankan.

IMG-20180420-WA0005

Dimulai dari Diri dan Keluarga

Keselamatan jalan menurut Yani,  tidak mungkin terwujud bila tidak diawali dari diri kita sendiri, lingkungan keluarga, komunitas, lingkungan sekolah dan lingkungan kerja. “Anak-anak adalah peniru, sehingga para orang tua harus memberi contoh yang baik tentang keselamatan kepada anak-anak,” papar alumni STTD itu lagi.

Oleh karena itu, pejabat Kemenhub itu  memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis atas pelaksanaan kegiatan Bimbingan teknis materi keselamatan pada guru TK/RA.

“Kegiatan ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai salah satu upaya kita dalam menurunkan tingkat kecelakaan dan menyelamatkan generasi penerus bangsa,” terang Yani.

Besar harapan kami kepada seluruh yang hadir disini untuk selalu mengutamakan keselamatan dan tertib aturan dalam berkendara di jalan. “Bapak, Ibu dan para undangan sekalian merupakan duta-duta keselamatan yang akan menjadi panutan baik di rumah, di sekolah, di lingkungan kerja maupun bagi masyarakat,” tegas Yani.(helmi)

loading...