Angkasa Pura 2

Pemerintah Akan Hukum Para Pembuang Sampah ke Laut

Dermaga Kelautan & PerikananJumat, 20 April 2018
images (32)

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah berjanji akan mengambil langkah hukum terhadap para pembuang sampah ke laut. Demikian disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan saat melakukan pertemuan dengan Vice-President Sustainable Development Laura Tuck dan perwakilan negara lainnya dalam Close Door Event: Towards Blue Economy di Washington, Amerika Serikat, Kamis (19/4/2018).

Pada kesemoatan itu, Menko Luhut menjelaskan mengenai sampah laut di Indonesia. Menurut Menko Luhut masalah sampah laut sangat penting karena 2/3 negara Indonesia terdiri dari luat karena itu sangat tergantung dengan laut.
 
Di sektor pariwisata masalah sampah laut memengaruhi turis yang sedang diving, pantai, dan batu karang. Bila pemerintah Indonesia tidak mengambil langkah tegas akan menghancurkan sektor pariwisata dan meningkatkan kemiskinan.

“Pemerintah serius akan mengambil hukum kepada siapa saja yang melanggar atau membuang sampah di laut. Siapa pun mereka,” ungkap Menko Luhut.

Pemerintah akan memperkuat penegakan hukum untuk industri yang mengabaikan standar lingkungan hidup. Selain itu, pemerintah juga melakukan koordinasi dengan kepolisian, jaksa dan menteri lingkungan hidup.

Berdasarkan riset World Bank, sekitar 80% sampah laut berasal dari darat yang kebanyakan mempunyai sistem pembuangan sampah di pesisir pantai. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia fokus meningkatkan sistem menajemen pembuangan sampah di daerah-daerah pantai. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari