Angkasa Pura 2

Irjen Kemenhub: Penyelesaian Bandara Buntu Kunik Lebih Cepat Lebih Baik

Bandara DermagaSabtu, 21 April 2018
IMG-20180421-WA0003

IMG-20180420-WA0021

TORAJA (BeritaTrans.com) – Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Irjen Kemenhub) Wahju Satrio Utomo didampingi Inspektur I M. Anto Julianto dan Inspektur IV Imam Hambali melakukan kunjungan kerja ke Toraja untuk meninjau progres pembangunan Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja.

Irjen menyatakan bahwa penyelesaian Bandara Buntu Kunik lebih cepat lebih baik. Diharapkan pembangunan rampung pada tahun 2019 dan bisa dioperasikan penuh pada 2020.

“Kami ke Toraja secara khusus untuk mengawal pembangunan Bandara Buntu Kunik,” tutur Irjen di Toraja, Jumat (20/4/2018).

Rombongan Itjen Kemenhub tiba di Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja pada Jum’at malam dan langsung menggelar rapat tertutup bersama Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, PPK, Kepala Bandara Pongtiku, Dinas terkait, dan pihak kontraktor Pembangunan Bandara Buntu Kunik.

IMG-20180420-WA0019

“Saya sudah mendengar pemaparan sejauh mana progres pembangunan Bandara Buntu Kunik dan kita sudah memberikan koreksi-koreksi karena kita tidak ingin terhambat dalam penyelesaiannya,” urainya.

Pembangunan bandara ini menurutnya, harus berjalan lancar karena ini harapan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi-potensi daerah yang ada.

Dari pemaparan progres yang disampaikan pihak Bandara Pongtiku dan kontraktor, Irjen mengaku tidak ada masalah dan mudah-mudah tidak timbul masalah lagi, dan pihak Kemenhub berjanji akan terus mengawal dengan terus melakukan supervisi dan konsultasi.

“Kami minta kontraktor allout melaksanakan pengerjaan pembangunan bandara Buntu Kunik ini,” ungkap dia.

IMG-20180421-WA0002

Sementara itu, Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, berharap kunjungan Itjen Kemenhub ini semakin memperlancar pembangunan Bandara Buntu Kunik sehingga pembangunannya bisa selesai 2019.

“Kendala akan selalu ada namun kita tetap optimistis untuk menyelelesaikan segala persoalan yang ada, sehingga Bandara Buntu Kunik bisa segera terwujud,” harap Nico.

Sebelum tinjauan ke Toraja, Irjen dan rombongan melaksanakan kunjungan kerja di Palopo, Sulawesi Selatan. Irjen meninjau Bandara Lagaligo Bua Luwu dan Pelabuhan Munte.

Pelabuhan Munte merupakan prasarana transportasi laut dibawah UPP Malili, Sulsel sebagai pelabuhan lokal. (omy)