Angkasa Pura 2

Menhub Berharap Raker Ditjen Hubla Hasilkan Peningkatan Pelayanan dan Kinerja

DermagaSelasa, 24 April 2018
IMG_20180424_084227

JAKARTA (beritatrans.com) – Hari ini, Selasa (24/4/2018), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mulai menggelar Rapat Kerja yang berlangsung di Ruang Mataram, Gedung Karya Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Acara yang berlangsung hingga Rabu (26/4/2018) itu mengusung tema “Penguatan Kelembagaan dan Pelayanan Dalam Mewujudkan Konektivitas.”

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya yang disampaikan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Wahyu Satrio Utomo menyampaikan harapan agar kegiatan tahunan Ditjen Hubla tersebut menghasilkan peningkatan pelayanan dan kinerja.

“Saya berharap Rapat Kerja yang dilaksanakan melalui pembentukan 10 komisi dengan pokok bahasan yang berbeda dapat menghasilkan kesepakatan ataupun keputusan bersama yang menjadi rencana aksi pengambilan kebijakan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kinerja perhubungan laut di masa-masa mendatang,” kata Menhub.

Menhub mengatakan, pelaksanaan Rapat Kerja yang diselenggarakan oleh Ditjen Hubla setiap tahunnya ini merupakan momentum yang sangat strategis untuk bersama-sama bersinergi mencari solusi bagi pembangunan sub sektor transportasi laut.

“Direktorat Jenderal Perhubungan Laut merupakan organisasi yang cukup besar. Saat ini Ditjen Perhubungan Laut memiliki 323 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia,” katanya.

Menurut Menhub, kondisi ini tentunya berdampak pada luasnya peran Kementerian Perhubungan, khususnya Ditjen Perhubungan Laut dalam melakukan pembinaan dan pengendalian kinerja pada masing-masing UPT.

“Terkait dengan hal ini, maka dalam rangka mengurangi rentang kendali birokrasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, saat ini Kementerian Perhubungan sedang melakukan evaluasi dan kajian terkait organisasi Ditjen Perhubungan Laut baik di pusat maupun di UPT seluruh Indonesia,” kata Menhub.

Evaluasi ini dilakukan dengan tujuan agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik dapat berjalan efektif, efeisien, akuntable, responsif dan profesional.

“Untuk itu, saya berharap agar semua UPT Ditjen Perhubungan Laut dapat membantu memberikan masukan ataupun menyediakan data dan informasi terkait kondisi wilayah kerja masing–masing sesuai dengan fakta yang ada di lapangan, sehingga hasil evaluasi ini nantinya akan menyediakan data dan informasi yang dapat digunakan sebagai masukan yang bermanfaat bagi proses pengambilan kebijakan ke depan,” ujar Menhub. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari