Angkasa Pura 2

Menpar Bangga Garuda Indonesia Buka Penerbangan Langsung Mumbai-Denpasar

Bandara Destinasi KokpitSelasa, 24 April 2018
IMG-20180424-WA0016

MUMBAI (BeritaTrans.com) – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi dan bangga terhadap maskapai Garuda Indonesia yang membuka rute Mumbai-Denpasar. Inaugural flight Mumbai-Denpasar dilaksanakan, pada Senin (23/4/2018) di Mumbai, India.

“Saya sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Garuda serta para pemangku kepentingan dari India yang bersama-sama mengikuti penerbangan perdana Garuda dari Mumbai, India ke Denpasar,” tutur Menpar.

Menurutnya, pesona Indonesia sejak dahulu telah menarik banyak masyarakat di India untuk datang khususnya destinasi pariwisata Bali. Banyak hal menarik yang membuat orang India datang ke Bali. Terutama, adanya kesamaan budaya antara keduanya.

Namun demikian, hal tersebut tidak serta merta memberikan dampak positif dan meningkatkan kunjungan wisatawan asal India ke Bali. Sebab, selama bertahun-tahun tidak ada konektivitas penerbangan langsung.

“Sebagian besar dari kita lupa, bahwa India adalah salah satu negara tetangga terdekat. Kita lupa bahwa Andaman & Nicobar Islands hanya berjarak kurang dari 200 km dari Aceh, provinsi paling barat di wilayah Indonesia. Inisiatif maskapai Garuda melayani rute tersebut, telah membuka hubungan langsung antara kedua negara, Indonesia dan India,” urainya.

Jalur penerbangan India-Indonesia sebenarnya telah dilayani sejak Desember 2016. Ketika Garuda membuka rute Mumbai-Jakarta. Namun, rute ini tidak melayani penerbangan langsung. Wisatawan harus transit terlebih dahulu di Bangkok, Thailand.

“Meski demikian, kami sangat bangga. Hari ini menandai babak baru hubungan India-Indonesia,” kata Menpar.

Garuda akan menggunakan pesawat badan lebar Airbus A330. Diharapkan, langkah ini meningkatkan pergerakkan serta dapat membawa lebih banyak orang India untuk mengenal Indonesia, lebih khusus Bali dan sebaliknya. (omy)