Angkasa Pura 2

Menhub Serahkan 100 Sertifikat dan Buku Pelaut pada Nelayan Tegal

Dermaga Kelautan & PerikananRabu, 25 April 2018
IMG-20180425-WA0015

TEGAL (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan buku pelaut dan sertifikat untuk kapal penangkap ikan, kapal layar motor atau kapal yang dibangun secara tradisional kepada 100 nelayan Kota Tegal. Pemberian dilakukan secara simbolis di sela-sela acara Dialog Nasional ke-10 Indonesia Maju di Kota Tegal, Rabu (25/4/2018).

Sertifikat dan Buku Pelaut tersebut diberikan kepada nelayan yang telah menyelesaikan Diklat ketrampilan dasar pelaut atau Basic Safety Training (BST) yang diadakan secara gratis oleh Kementerian Perhubungan.

“Penyerahan sertifikat dan Buku Pelaut ini sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada para nelayan Kota Tegal agar lebih maju dan sejahtera,” kata Budi Karya.

IMG-20180425-WA0021

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan, Junaidi, yang mendampingi Menhub Budi Karya mengatakan bahwa sertifikat dan buku pelaut itu juga berfungsi sebagai dokumentasi pelaut dan kelaiklautan kapal penangkap ikan, kapal layar motor atau kapal yang dibangun secara tradisional yang akan berlayar di perairan Indonesia.

“Hal ini sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor HK.103/3/2DJPL-18 tertanggal 23 April 2018 tentang Tata Cara Penerbitan Buku Pelaut untuk Pelaut pada kapal penangkap ikan/kapal layar motor/kapal yang dibangun secara tradisional berbendera Indonesia dan berlayar di Perairan Indonesia,” kata Junaidi.

Junaidi juga menjelaskan, berdasarkan peraturan Dirjen Hubla tersebut, buku pelaut untuk kapal penangkap ikan/kapal layar motor/kapal yang dibangun secara tradisional wajib dimilik oleh pelaut yang bekerja pada kapal penangkap ikan dengan panjang 12 meter sampai dengan kurang dari 24 meter yang wajib memiliki Surat Izin Penangkapan Iklan (SIPI).

“Buku pelaut itu juga wajib dimiliki oleh nelayan yang bekerja di kapal motor berukuran GT 7 sampai dengan kurang dari GT 35 dan kapal tradisional brukuran GT 7 sampai dengan kurang dari GT 105,” kata Junaidi.

Sebelumnya, ditempat yang sama, Menhub Budi Karya juga meresmikan program diklat BST gratis kepada 100 nelayan Kota Tegal. Selain BST, mereka juga diberikan diklat keterampilan pelaut 30 Mil/60 Mil.(aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari