Angkasa Pura 2

Tim Ditbinkes Segera Lakukan Ramp Cek Untuk Pastikan Armada untuk Angkutan Lebaran Laik Jalan

KoridorRabu, 25 April 2018
IMG-20180425-WA0018

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Tim Direktorat Pembinaan Keselamatan (Ditbinkes)  Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan akan  turun ke lapangan melakukan ramp cek terutama bus AKAP dan bus pariwisata. Seluruh bus yang akan dioperasikan untuk angkutan Lebaran 2018 harus dipastikan baik dan laik jalan.

“Tim akan turun pool bus sampai di daerah. Fokus utama ramp cek atau pemeriksaan nanti adalah bus pariwisata selain bus AKAP/ AKDP,” kata Direktur Binkes Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ahmad Yani, ATD, MT dalam perbincangan dengan BeritaTrans.com di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Sebelum angkutan Lebaran 2018 tiba, lanjut dia, seluruh armada bus terutama AKAP dan bus pariwisata yang akan digunakan untuk angkutan Lebaran harus siap.

“Seluruh bus untuk angkutan Lebaran harus laik jalan dan dioperasikan oleh SDM ahli di bidangnya,” jelas Yani, sapaan akrab dia.

Data Ditjen  Hubdat menyebutkan, pemerintah menyiapkan sebanyak 49.613 unit termasuk AKDP dan AKAP  untuk angkutan Lebaran 2018.  Jumlah itu naik dibandingkan realisasi Lebaran tahun 2017 sebanyak  48.270 unit.

Jadi tim Ditbinkes bersama personel Dishub dan BPTD baik di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta serta Jawa Timur akan turun ke lapangan.

“Dengan begitu diharapkan semua armada yang akan dioperasikan untuk angkutan Lebaran sudah diperiksa dan dipastikan laik jalan,” jelas Yani.

Bus pariwisata, menurut dia, akan menjadi fokus pemeriksaan dalam ramp cek nanti. “Bus pariwisata itu biasanya tidak masuk terminal. Jadi agak sulit mengontrolnya. Kalau bus AKAP dan AKDP bisa dipastikan masuk terminal dan bisa dikontrol setiap hari,” papar Yani.

Selain itu, kilah dia, beberapa kasus kecelakaan di jalan raya belakangan banyak melibatkan bus pariwisata. “Ke depan, kasus-kasus kecelakaan termasuk yang melibatkan bus pariwisata harus ditekan bahkan dihilangkan,” harap Yani.(helmi)